Inkubasi Penyusunan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi

63
Inkubasi Penyusunan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Bereputasi Prodi BK FKIP UAD (Foto: Istimewa)

Kamis, 7 Oktober 2021, Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan inkubasi penyusunan artikel ilmiah untuk dosen. Kegiatan dilakukan secara luring bertempat di hotel Grand Rohan Jogja.

Ketua Prodi BK UAD, Irvan Budhi Handaka, M.Pd. menyampaikan, tujuan kegiatan inkubasi ini agar dosen mampu bekerja bersama menyusun artikel ilmiah berkualitas yang ditujukan pada jurnal internasional bereputasi. “Kegiatan ini merupakan lanjutan dari workshop penyusunan artikel ilmiah yang telah diselenggarakan tanggal 6 Oktober 2021.”

Ia berharap kegiatan ini menjadi wadah mengatur strategi penyusunan artikel ilmiah yang layak didaftarkan dalam jurnal internasional bereputasi. Workshop juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan jabatan fungsional dosen Prodi BK.

Wakil Dekan FKIP, Dr. Dody Hartanto, M.Pd. menyampaikan, evaluasi diri hendaknya selalu dilaksanakan. “Harapannya kami mampu menilai diri sendiri terkait dengan kemampuan menyusun artikel pada jurnal bereputasi yang berkualitas. Hari ini merupakan salah satu ikhtiar bersama dosen Prodi BK FKIP UAD, agar implementasi penyusunan artikel ini tidak hanya sebatas wacana.”

Kegiatan inkubasi dipimpin oleh Wahyu Nanda Eka Saputra, M.Pd. ketua penyelenggara kegiatan inkubasi penyusunan artikel. Kegiatan inkubasi difokuskan memfasilitasi dosen prodi BK FKIP UAD untuk penyusunan artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi. Selain itu, diperlukan strategi agar masing-masing dosen memiliki artikel ilmiah yang layak dan dapat diterbitkan di jurnal bereputasi yang tepat dan tidak bersifat predator. (doc/ard)