Neuroanticorruption, Inovasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Berbasis Neurosains
Kedaulatan Rakyat (3 Agustus 2022) Anom Wahyu Asmorojati PANDEMI COVID-19 belum selesai, tetapi korupsi semakin menjadi-jadi. Bahkan, ancaman hukuman mati, tidak membuat koruptor jera, melainkan justru semakin merajalela. Hal ini ditandai dengan merosotnya Indek Persepsi Korupsi Indonesia dari 40 pada tahun 2019 sebelum munculnya COVID-19 menjadi 37 di tahun 2020 ketika...
HKI di Era Bebas Berkarya dan Bebas Memublikasi
Kedaulatan Rakyat (6 Juli 2022) Sudarmini HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI) merupakan hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada para pencipta, inventor, pendesain, dan sebagainya. Hak ini sebagai bentuk perlindungan atas jasa mereka dalam menghasilkan suatu produk, jasa, atau proses yang bermanfaat bagi khalayak luas. Kebanyakan masyarakat, sampai saat ini masih sering...
Pemimpin Harus Survive Segala Kondisi
Kedaulatan Rakyat (8 Juni 2022) Utik Bidayati DUA TAHUN masa pandemi akibat penyebaran virus COVID-19, memberikan banyak perubahan yang sangat signifikan pada beberapa aktivitas organisasi yang bergerak diberbagai jenis usaha. Pandemi telah memaksa sebagian besar aktivitas berubah dan bahkan berhenti karena membahayakan raga dan jiwa manusia. Begitu banyak organisasi tumbang karena...
Pemberdayaan Masyarakat Yogya dalam Kondisi Darurat Sampah
Kedaulatan Rakyat (25 Mei 2022) Surahma Asti Mulasari Sejak empat tahun terakhir (2019-2022), blokade akses ke TPST Piyungan pernah terjadi beberapa kali, dan berakibat pada kondisi persampahan di Kota Yogyakarta, Bantul, dan Sleman mengalami kekacauan: truk sampah tidak bisa melakukan pembuangan, dan sampah-sampah akhirnya bertebaran. Berbagai tuntutan dilayangkan warga, seperti perbaikan...
Kualitas Sistem Pendidikan dan Daya Saing Bangsa Indonesia
Kedaulatan Rakyat (29 April 2022) Dwi Sulisworo KONDISI kualitas pendidikan dan daya saing lulusan perguruan tinggi Indonesia di pasar tenaga kerja masih jauh tertinggal, baik di tingkat internasional maupun di tingkat ASEAN pada scope yang lebih sempit (Kemristekdikti, 2015). Hal tersebut menjadi perhatian kalangan pendidik. Isu-isu terkait seperti peran, manajemen, mutu,...