Rektor UAD: Wujudkan Mahasiswa Tangguh Melalui Program Pengenalan Kampus

104
Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T. saat memberikan sambutan pada Pembukan Program Pengenalan Kampus (P2K) tahun 2021 (Foto: Humas UAD)

“Menjadi perguruan tinggi yang diakui secara internasional dan dijiwai nilai-nilai Islam” menjadi visi utama dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Dalam rangka mewujudkan visi tersebut dibutuhkan kerja sama dan dedikasi dari seluruh civitas akademika. Program Pengenalan Kampus (P2K) diselenggarakan sebagai gerbang pembinaan bagi mahasiswa baru (maba) guna menyiapkan kepribadian yang tangguh dan mampu bersama-sama mewujudkan visi-misi UAD.

“P2K 2021 memiliki tujuan sebagai masa transisi maba dari masa putih abu ke dunia perkuliahan. Selain itu, melalui P2K diharapkan mereka dapat melakukan adaptasi di lingkungan baru sebagai bekal orientasi perkuliahan nantinya. Bekal tersebut digunakan untuk menyiapkan diri dalam keberhasilan menempuh kuliah. Hal ini akan menjadikan mereka menjadi sosok yang berilmu, berakhlak yang luhur, serta berdaya saing tinggi,” ungkap Dr. Muchlas, M.T. selaku Rektor UAD saat memberikan sambutan di pembukaan P2K pada Senin, 13 September 2021.

“Mahasiswa Tangguh” menjadi tagline yang disematkan kepada Dahlan Muda. Tangguh merupakan singkatan dari Takwa, Amanah, Nalar, Gesit, Gembira, Ulet, dan Humanis. Mahasiswa UAD diharapkan memiliki ketakwaan dan keimanan yang kuat kepada Allah Swt. Amanah dalam menjalankan aktivitas dengan penuh tanggung jawab dan jujur. Mahasiswa memiliki nalar yang menunjukkan respons terhadap peristiwa dengan berpikir kritis. Selanjutnya gesit dalam beradaptasi serta tanggap dan inovatif, gembira dalam melakukan setiap aktivitas dan tidak mudah menyerah, serta ulet dalam menyelesaikan tanggung jawab dan menjadi mahasiswa yang penuh dengan empati maupun berkepribadian luhur.

“Sejak tahun 1960 UAD resmi berdiri dan mencetak anak bangsa yang berdaya saing tinggi, memiliki ilmu yang dalam, serta dijiwai nilai-nilai keislaman. Selamat datang dan selamat bergabung para Dahlan Muda 2021 di kampus Universitas Ahmad Dahlan, jadilah mahasiswa yang tangguh yaitu takwa, amanah, nalar, gesit, gembira, ulet, dan humanis,” tandas Muchlas. (Chk)