Terinspirasi Harimau Sumatra, Mahasiswa UAD Raih Juara Favorit Mendongeng

86
Nurlaila Hikmah Afiani Memperoleh Juara Favorit lomba mendongeng yang diselenggarakan oleh Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena bertema “Menjadi Sahabat Alam 2021” (Foto: Istimewa)

Mengikuti lomba sudah menjadi hobi bagi mahasiswa asal Sumatera Selatan ini, Nurlaila Hikmah Afina nama lengkapnya. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta itu mengikuti kompetisi mendongeng tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena bertema “Menjadi Sahabat Alam 2021” yang diselenggarakan secara daring. Lila berhasil memperoleh juara favorit dari 180 peserta dari berbagai provinsi yang mengikuti kompetisi ini.

Ia menulis naskah dongengnya sendiri dengan jenis fabel, terinspirasi dari harimau Sumatera yang hampir punah karena perburuan liar. Cerita itu ia padukan dengan kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan yang sekarang sudah menjadi kebiasaan. Karyanya diberi judul “Menjaga Harimau Sumatera”.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita mendongeng, salah satunya harus tahu tujuan awal kita untuk mendongeng sebagai hiburan atau lomba. Apabila mendongeng untuk lomba, perhatikan syarat penilaian, kemudian perhatikan isi naskah dongeng yang harus sesuai dengan tema. Tak hanya itu, alat pendukung seperti alat peraga, ekspresi, serta kamera dan lainnya juga wajib diperhatikan,” tutur mahasiswa yang juga aktif di komunitas Rumah Dongeng Mentari, (08-10-2021).

Dari hobi menjadi prestasi, seperti itu terangnya ketika diwawancarai lewat WhatsApp. Ia sering mendapat juara di kompetisi lomba mendongeng. Beberapa di antaranya yakni juara I National Storytelling Competition Korean Festival di UPI Bandung 2019, juara I favorit lomba mendongeng tingkat nasional di SDMP Salatiga 2020, juara I nasional lomba video kreatif dengan mendongeng di EHPA UNJ 2021, dan masih banyak prestasi lainnya. (Lrs)