Tujuh Tim UAD Lolos di Pimnas ke-34

84
Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. saat memberikan pengarahan kepada tim PKM UAD yang akan mengikuti Pimnas ke-34 (Foto: Humas UAD)

Sebanyak tujuh tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil lolos melaju ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34 yang diselenggarakan secara daring, pada 26–30 Oktober 2021. Pimnas akan digelar di Universitas Sumatera Utara (USU) dengan tujuh rangkaian kegiatan dan mengambil tema “Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal”.

“Tim PKM UAD yang lolos ke Pimnas merupakan peraihan yang sangat menggembirakan. Jumlah tim meningkat dibanding tahun lalu,” ujar Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan.

Tahun ini, UAD mengirimkan proposal PKM sebanyak 306. Dari jumlah tersebut, sebanyak 28 proposal PKM bidang Riset Eksakta (RE), Riset Sosio Humaniora (RSH), Kewirausahaan (K), Karsa Cipta (KC), Pengabdian Masyarakat (PM), dan berhasil memperoleh pendanaan. Selain itu ada dua PKM Artikel Ilmiah mendapat dana intensif dari Kemendikbud.

Sementara itu, 7 tim yang dinyatakan lolos mengikuti Pimnas terdiri atas 3 tim PKM-RE, 3 PKM-PM, dan 1 PKM-RSH. Gatot mengatakan, untuk meningkatkan kesiapan berlaga di Pimnas, setiap tim akan dilakukan pendalaman materi dan strategi-strategi baru. Pihak Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) juga akan support dan memfasilitasi apa saja yang diperlukan di Pimnas USU nanti.

“Target kami adalah perolehan medali dari beberapa skema PKM, sehingga UAD menjadi barometer prestasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTM-A) di Indonesia,” kata Gatot.

Adapun tujuh proposal yang berhasil lolos yakni Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada Anak dengan Buku Permainan Mazzle; Pengembangan Literasi Digital Berbasis Komunitas di Dusun Deles Daerah Lereng Gunung Merapi; Efektivitas Repellent dari Kulit Buah Kopi Arabika (Coffea Arabica L.) terhadap Nyamuk (Aedes Aegypti); Potensi Senyawa Flavonoid Tanaman Krokot (Portulaca Oleracea) sebagai Terapi Hipoksia secara in Vivo; Eksplorasi Senyawa Antibiotik Baru dari Mikroba Moonmilk Gua Pindul; Kisah Mahasiswa dan Dosen tentang Depresi, Kecemasan, dan Stres Akibat Pandemi Covid-19: Skala DASS dan Teori Appraisal; serta Metode the Hexa Personality sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA Negeri 1 Ngemplak di Masa Pandemi Covid-19.

Selain itu Dr. Muchlas, M.T. selaku Rektor UAD menyampaikan terima kasih dan rasa bangga kepada mahasiswa dan para pembimbing yang telah serius dan bekerja keras mengikuti program PKM tahun 2021 sehingga berhasil lolos dalam Pimnas. Muchlas berharap mahasiswa beserta tim yang terlibat selalu semangat dan berusaha agar Tim PKM UAD bisa tampil sebaik mungkin sehingga dapat meraih hasil terbaik nanti. (Amb)