Bermodal Kemauan dan Tak Melulu tentang Materi

0
102

“Malu lah sebagai ciptaan Tuhan. Tuhan saja Maha Pemberi, masa kita sebagai manusia tidak mau berbagi. Asalkan mau, kita bisa berbagi. Sebenarnya berbagi tidak ada syarat yang sulit. Walaupun tidak bisa berbagi dalam bentuk materi, kita bisa berbagi dengan tenaga yang kita punya,” ujar Muhammad Akram Maulana selaku ketua pelaksana bakti sosial saat ditemui pada Jumat (17-5-2019).

Komunitas Magazine of Communications (Motion) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan bakti sosial dan buka bersama anak yatim di Panti Asuhan Amanah di Kecamatan Jetis, Bantul. Motion adalah suatu komunitas jurnalistik yang didirikan sejak 2015. Kegiatan selama ini adalah mempelajari kepenulisan, membuat esai, berita, dan video, yang fokusnya daring.

Acara bakti sosial dimulai dari 15.30 WIB, dan dilanjutkan dengan permainan rangkai kata, menyanyikan lagu, peserta diberi hadiah, berdoa, buka bersama, penutupan, serta pemberian plakat kepada pihak panti asuhan. Selain itu ada juga tips kegiatan sederhana untuk berpahala di bulan suci yang disampaikan oleh pembimbing Motion dalam acara ini kepada anak-anak panti.

Motion mengadakan acara bakti sosial bukan tanpa alasan. Mereka jauh-jauh hari sudah merencanakan ini melalui program kerja dengan mengangkat tema “Ceriaku Ramadanku”. Tujuannya untuk membuat anak yatim ceria. Kemudian, ditunjukkan Panti Asuhan Amanah. Motion mengundang semua pers yang ada di UAD, seperti Poros, Jaganyala, dan Kreskit PBSI. Selain itu, komunitas yang ada di Ilkom juga diundang.

Nunik Hariyanti, S.I.Kom., M.A., selaku pembimbing Motion sekaligus mengampu matakuliah komunikasi organisasi dan jurnalistik mengatakan, “Pesan bagi teman-teman, banyak bersyukur dengan yang kita punya. Ingat, di luar sana masih banyak yang kekurangan dana. Jangan lupa saling menolong sesama. Karena manusia diciptakan ada yang miskin dan kaya. Bila berkecukupan maka harus berbagi. Saling melengkapi. Kegiatan ini baik, jadi harus dilanjutkan.”

Sementara itu, Tia Sintia Dewi perwakilan dari anak-anak yang hobi kehumasan Ilkom mengungkapkan, “Berbagi membuat orang bahagia. Tidak harus materi, tenaga yang kita punya pun bisa kita berikan untuk membantu orang lain. Saya senang ikut acara ini karena secara tidak langsung membuat lebih bersyukur masih mempunyai orang tua. Ini tahun pertama saya puasa jauh dari orang tua. Ada sedih, ada rindu. Namun dengan mengikuti acara ini membuat saya bahagia dan bertemu dengan keluarga baru.” (Dew)