Bukber Ikmacada: Membeli Bahagia dengan Sedekah

0
120

Bukan suatu program kerja, tetapi suatu agenda kesadaran hati dari pengurus Ikatan Keluarga Cilacap Ahmad Dahlan (Ikmacada). Mereka mengundang mahasiswa Cilacap yang ada di Yogyakarta untuk mengikuti buka puasa bersama. Acara yang diselenggarakan organisasi ekstra kampus daerah dari Cilacap di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ini mengundang universitas negeri maupun swasta untuk bergabung.

Berbagi adalah suatu hal yang luar biasa menyenangkan. Semoga teman-teman dapat terinspirasi untuk saling berbagi di bulan Ramadan. Karena berbagi tidak ada batasan usia,” ujar Ida Ma’rifah selaku ketua panitia Berbagi Berkah Ramadan Ikmacada.

Ia melanjutkan, “Ramadan adalah suatu wadah untuk menyalurkan berkah yang kita miliki melalui sedekah. Berbagi kebahagiaan bersama anak panti salah satunya. Alhamdulillah, kami mampu melakukannya di Panti Asuhan Mizan Amanah.”

Ikmacada disambut dengan sangat baik oleh Umi Sudarsih. Ia adalah orang tua asuh di Panti Asuhan Mizan Amanah.

Kegiatan yang ada dilakukan anak-anak di panti yaitu mengaji dan sekolah. Ada juga kegiatan ekstrakurikuler yang kami dampingi. Ada dua waktu mengaji, setelah Isya dan setelah Subuh. Kami melatih untuk bangun tidur sebelum Subuh dan melaksanakan salat sunnah sebelum Subuh. Mereka dibimbing ilmu agama oleh ustaz yang sengaja kami sediakan untuk menimba ilmu,” jelas Umi Sudarsih saat ditemui Selasa (14-5-19).

Perempuan asal Temanggung ini menjelaskan dengan mata berkaca-kaca, “Bulan Ramadan merupakan tamu bagi kami, jadi kami harus menyiapkan amalan semaksimal mungkin. Tamu lainnya yaitu dari Ikmacada ini. Saya sangat berterima kasih karena mereka sudah mengadakan acara buka puasa di sini sehingga anak-anak senang.”

Panti Asuhan Mizan Amanah berdiri sejak 1995 di pojok utara Cimahi, Bandung. Saat ini, keberadaannya sudah tersebar di Indonesia, dan di Yogyakarta baru satu yakni terletak di Gondokusuman. Asrama yatim dan dhu’afa mempunyai misi untuk membahagiakan mereka. Harapan pengurus, semoga semakin banyak anak-anak yang tersantuni dengan keberkahan. (Dew)