FAI dan Kemenlu RI Selenggarakan Forum Debriefing

0
386

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) menyelenggarakan forum debriefing. Acara ini berlangsung di Islamic Center (IC) UAD Jln. Lingkar Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Kamis (14-3-2019).

Forum tersebut merupakan wadah antara aktor diplomasi dan akademisi tentang hubungan diplomasi Indonesia dengan negara-negara lain, khususnya di benua Amerika. Forum yang dihadiri 200 peserta ini, mengundang empat pembicara yaitu Marsekal Madyar TNI (Purn.) Toto Riyanto, Yusra Khan, S.H., Dr. Teuku Faizasyah, serta dosen UAD Wajiran, M.A.

Forum yang mengusung tema “Peluang dan Tantangan Diplomasi Indonesia di Benua Amerika”, disambut baik oleh Prof. Sarbiran selaku Wakil Rektor IV UAD. “Sungguh ini kebahagiaan kita bersama, karena FAI UAD bisa bekerja sama dengan Kemenlu RI. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenlu RI,” ungkapnya.

Selain itu Sarbiran berharap, kegiatan ilmiah ini bisa dicermati dengan baik oleh mahasiswa. Bekerja sama dengan Kemenlu RI, merupakan inovasi baru dan menginspirasi fakultas lain di UAD untuk bekerja sama di ranah internasional.

Duta besar Ronny Prasetyo Yuliantoro staf ahli hubungan antar lembaga Kemenlu RI menyinggung, forum ini setiap tahun akan diselenggarakan dengan maksud untuk membagi kepada mahasiswa atau perguruan tinggi tentang berbagai pengalaman lewat narasumber Kemenlu RI yang lama mengemban tugas serta misi.

Tema kali ini akan menarik dan manfaat bagi kita, untuk menambah pemahaman dan kekayaan wawasan terkait pemaparan pembicara,” kata Ronny.

Ia juga memberikan apresiasi kepada UAD yang bersedia untuk bekerja sama. “Kami memberikan penghargaan kepada UAD yang telah sedia membantu dan bekerja sama dengan kami sehingga acara ini berjalan baik. Diharapkan dari pemaparan narasumber, dapat menambah wawasan. Forum ini merupakan kesempatan yang baik untuk menambah informasi. Kerja sama antara Kemenlu RI dengan UAD akan terus berjalan dengan baik,” tandasnya. (ASE)