Gebyar Prestasi Siswa SD a la PGSD

0
196

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menyelenggarakan Gebyar Prestasi Sekolah Dasar (GPSD) yang ke-3. Pembukaan perlombaan tahunan ini berlangsung di lapangan Tamanan Jln. Pasopati No.1, Kauman, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Minggu (4/11/2018) pagi.

Konsep perlombaan GPSD tersebut sama seperti tahun sebelumnya, dengan mengundang sekolah dasar (SD) se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) agar mengirim perwakilan siswanya untuk mengikuti rangkaian perlombaan. Di antaranya lomba mewarnai, tari, parade anak saleh, olimpiade sains, lomba permainan tradisional, dan kompetisi futsal kids.

Kegiatan seperti ini bertujuan untuk menyiapkan siswa yang berkompeten, terutama permainan tradisional yang sudah tersisihkan zaman. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Dr. Dedi Pramono, M.Hum., selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa).

Kami pimpinan UAD sangat bangga kepada Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGSD yang berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Permainan tradisional sangat menarik, di samping anak-anak zaman sekarang yang sibuk dengan gawainya. Kegiatan ini perlu dikembangkan karena termasuk dari soft skill,” ungkapnya ketika sambutan.

Surti Raharyanto dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi DIY menambahkan, acara ini menjadi salah satu kegiatan yang bisa mengembangkan pembentukan karakter anak dan memperkenalkan pemainan tradisonal yang sekarang sudah tersisih. Dengan acara ini, anak-anak seperti diberi wahana untuk berekspresi dan memberi wawasan untuk selalu menjaga sportivitas.

Yang paling penting dari kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturahmi antar SD se-DIY,” katanya.

Kami sangat mengapresiasi PGSD UAD yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga berguna dan bermanfaat bagi siswa dan mahasiswa,” imbuhnya. (ASE)