Gerakan Gemar Sedekah PBSI

0
106

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan gerakan gemar sedekah di bulan Ramadan. Donasi dapat berupa uang tunai dan nasi bungkus. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk berbagi kepada orang-orang di luar sana yang membutuhkan bantuan, momentum menambah amal ibadah selama Ramadan, serta menjadi tolak ukur sebagai manusia yang mensyukuri nikmat Allah Swt.

Di bulan suci Ramadan, kita dianjurkan untuk berbuat baik sebanyak-banyaknya. Mengetahui kehidupan di jalanan dan susah payahnya mencari nafkah, kami berniat ingin membantu orang-orang yang rela meninggalkan keluarga pada malam hari untuk mencari nafkah. Upaya yang kami lakukan yakni dengan memberi sedikit makanan yang Insya Allah bisa menambah semangat mereka,” ujar Muji Santoso, ketua HMPS PBSI.

Mekanisme pengumpulan donasi yaitu dalam bentuk uang akan segera panitia data dan dikumpulkan dalam satu buku. Jika ada yang menyumbangkan nasi, langsung didata, agar malam harinya bisa dibagikan. Pengumpulan uang bisa via transfer dan konfirmasi kepada narahubung yang sudah tertera di pamflet, atau langsung datang ke graha HMPS PBSI di kampus II UAD.

Mahasiswa dan dosen PBSI menanggapi positif kegiatan gerakan gemar sedekah ini. Pembagian nasi dilaksanakan pada pukul 02.00 dini hari menjelang sahur, targetnya adalah tukang becak, sopir andong, dan pengemis.

Harapannya, semoga dengan bagi-bagi nasi, bisa menambah rasa empati dan simpati terhadap orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan,” tutupnya. (JM)