Inspiring Section: Keberhasilan Dibangun oleh Diri Sendiri

0
199

Rabu, 4 September 2019, alumni Jurusan Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yaitu Safara Putri Maharani, S.Psi. dan Dewi Handayani Harahap, S.Psi., M.Psi., memberikan inspirasi dan motivasi bertajuk “Inspiring Section” untuk peserta Program Pengenalan Kampus (P2K) Jurusan Psikologi di Kampus I UAD.

“Psikologi UAD mampu bersaing dengan Jurusan Psikologi dari kampus lain, bahkan salah satu yang terbaik di Yogyakarta. UAD berhasil mendidik saya sampai menjadi pemimpin di sebuah kampus. Saya dulu bukan mahasiswa tipe kuliah-pulang kuliah-pulang (kupu-kupu). Jangan menghabiskan waktu untuk hal tidak penting seperti bermain media sosial yang berlebih. Sebab, keberhasilan dibangun oleh diri sendiri, aktiflah mengikuti organisasi. Organisasi akan membentuk karakter, meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain,” ujar Dewi.

Jurusan Psikologi terdapat beberapa bidang seperti psikologi klinis, psikologi organisasi, psikologi sosial, psikologi pendidikan, dan psikologi perkembangan. Hal pertama yang harus dilakukan mahasiswa ialah mempelajari ilmu dasar psikologi.

“Jangan mau lulus dengan biasa-biasa saja, bercita-citalah dari sekarang untuk lulus tepat waktu dengan kualitas yang baik. Jangan hanya mengandalkan bangku kuliah, kalian harus aktif berorganisasi karena bergabung dengan lembaga-lembaga psikologi akan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kita,” lanjutnya.

Hal seirama juga disampaikan oleh Safara “Jangan malu masuk UAD, ubahlah mindset tentang kampus swasta. Banyak bergabung organisasi, harus punya rencana saat masuk kuliah, serta tahu yang ingin dilakukan selama kuliah, adalah sebuah kunci awal untuk meraih kesuksesan. Tidak lupa, kalian juga wajib memiliki kemauan yang kuat, open minded, serta terima masukan dan kritik dari orang lain. Cari tahu minat kalian agar kuliah seimbang dengan karakter soft skills. Jika mau bergerak, maka jelas akan mengantarkan kepada pribadi yang lebih baik. Tentukan juga target agar naik tingkat.” (JM)