Internasional Day and Culture Festival

0
36

Sudah ke-9 kalinya, Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan International Day and Culture Festival. Acara tahunan ini pertama kali berlangsung di kampus 4 UAD Jln. Lingkar Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul dengan mengundang mahasiswa asing dari universitas lain seperti ISI Yogyakarta dan UMY.

Pada acara tersebut, ada 16 negara yang berpartisipasi seperti negara Indonesia, Polandia, Vietnam, Mesir, Malaysia, Tiongkok, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Arab Saudi, Yaman, Spanyol, Turki, Turkmenistan, Bangladesh, dan Jepang. Dari 16 negara tersebut, 14 di antaranya merupakan negara yang mahasiswanya kuliah UAD.

Rangkaian dalam acara ini seperti tahun sebelumnya, ada bazar makanan internasional dan penampilan budaya dari negara-negara yang dibawa oleh mahasiswa asing. Namun, yang baru dan unik dari acara ini ada peluncuran buku yang ditulis oleh mahasiswa asing dan lomba stand up comedy bahasa Indonesia yang seluruh pesertanya dari mahasiswa asing UAD.

Mahasiswa asing UAD berjumlah 125 yang terdiri atas 14 negara. UAD sudah lumayan berpengalaman mengelola mahasiswa asing dan kegiatannya. Dalam kegiatan ini, baru pertama kali lomba stand up comedy yang menggunakan bahasa Indonesia dan pesertanya dari mahasiswa asing UAD terselenggara,” ungkap Ida Puspita, S.S., M.A.Res., Kepala KUI, Sabtu (8-12-2018) dalam sambutannya.

Dr. Kasiyarno, M.Hum. berharap tahun depan acara ini bisa lebih banyak mengundang tamu mahasiswa asing dari universitas lain yang ada di Indonesia. Semoga, ia melanjutkan, event ini memberi citra yang bagus bagi UAD.

Kami sangat berterima kasih kepada KUI yang sudah melangsungkan acara ini selama sembilan tahun terakhir. Kegiatan mahasiswa sudah sangat variatif dan peningkatan prestasi mahasiswa asing UAD juga sudah lumayan. UAD akan memberikan penghargaan bagi mahasiswa yang berprestasi,” tegasnya. (ASE)