Jurnal Teknik Elektro TELKOMNIKA UAD Terakreditasi A Dirjen DIKTI

0
220

Jurnal TELKOMNIKA Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kini memperoleh akreditasi A pada bulan Maret 2013 melalui SK No. 58/DIKTI/Kep/2013. Ini merupakan akreditasi kedua setelah sebelumnya Jurnal TELKOMNIKA terakreditasi B pada tahun 2010. Penilaian akreditasi A menunjukkan bahwa TELKOMNIKA telah menjadi jurnal yang lebih baik dan diakui  DIKTI di antara jurnal Program Studi Teknik Elektro di Indonesia. “Dari 24 jurnal yang terakreditasi di periode I tahun 2013, TELKOMNIKA adalah 1 dari 2 jurnal yang mendapat terakreditasi A,” terang Tole Sutikno, S.T., M.T. selaku Ketua Dewan Editor.

TELKOMNIKA adalah jurnal ilmiah bidang teknik elektro yang mencakup telekomunikasi, komputasi, elektronika, dan kendali. Jurnal ini digagas pada pertengahan tahun 2003 dengan 3 edisi per volume yaitu bulan April, Agustus, dan Desember. Setiap edisi terdiri dari 9 makalah. Terbitan pertama yaitu pada bulan Desember 2003. Jurnal volume 1, no. 1, terbit dalam bahasa Indonesia. Pada tahun 2009, jurnal volume 7, no. 1, menambahkan abstrak berbahasa Inggris.

Tahun 2010, DIKTI memberikan penilaian Akreditasi B melalui SK No. 51/DIKTI/Kep/2010. Tahun berikutnya, dilakukan penambahan sehingga dalam satu tahun jurnal ini terbit empat kali yaitu bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Jumlah makalah tiap edisi bertambah hingga mencapai 22-24 makalah. Pada tahap ini, jurnal TELKOMNIKA mengganti bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris, dengan tetap mempertahankan abstrak berbahasa Indonesia.

Pada Oktober 2011, pengelolaan jurnal semakin profesional dengan mengimplementasikan pengelolaan jurnal dalam jaringan (daring) menggunakan Open Journal System Public Knowledge Project (OJS PKP). Sistem tersebut memungkinkan jurnal terdaftar dalam sejumlah situs bank data jurnal ilmiah. TELKOMNIKA masuk dalam daftar indeks di DOAJ (Directory of Open Access Journal), ULRICHS WEBTM, Open J-Gate, Index Copernicus, Engineering Village, COMPENDEX (ELSEVIER), dan Google Schoolar sampai tahun 2013.

Tak hanya itu, jurnal TELKOMNIKA Teknik Elektro UAD Yogyakarta saat ini juga terdaftar dalam situs bank data jurnal ilmiah di SCOPUS. Hal ini membawa TELKOMNIKA sebagai jurnal ke-14 yang lolos masuk dalam indeks SCOPUS diantara 15 jurnal lain asal Indonesia. Perluasan jangkauan penyebaran ke luar negeri merupakan upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di Indonesia. Jurnal TELKOMNIKA juga bekerjasama dengan EBSCO dan Pro-Quest yang membantu distribusi jurnal elektronik ke lebih dari 70 negara. Tahun 2014, Jurnal TELKOMNIKA direncanakan akan masuk dalam indeks Thomson Reuters sekaligus untuk menambah jumlah pelanggan internasional.

Upaya untuk menjadi jurnal internasional tinggal beberapa langkah lagi. Apresiasi yang tinggi patut ditujukan kepada Teknik Elektro atas upayanya meningkatkan kontribusi peneliti Indonesia di dunia internasional. Semoga media publikasi ilmiah bidang Teknik Elektro ini dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan bagi negeri. Amin!.(Dco)