Mahasiswa UAD Dapat Penghargaan TV Award Dari TV AL Hijrah (TV Nasional Malaysia)

0
120

(Selasa, 29 April 2014) 22 Delegasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terdiri dari 9 dosen dan 7 mahasiswa Teknik Informatika, 6 mahasiswa Sistem Informasi dan 8 mahasiswa Ilmu Komunikasi mengikuti Seminar dan kompetisi di UUM. Kegiatan yang diikuti oleh Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Philipina ini merupakan rangkaian dari ICON C COMMET 2014. Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan Conference International dan kompetisi multimedia antar mahasiswa yang diikuti oleh keempat Negara yang dibagi menjadi 2 kategori Short Movie dan Kategori TV Award :

Kategori Short Movie diikuti  oleh Indonesia (UAD), Malaysia (UUM), Philipina (San Antoneo) dengan jumlah 19 video. Pada lomba ini juri berasal dari Malaysia yakni En Fakhrul Anuar sebagai pakar Fotography dan Nurul Azmin sebagai pakar Multimedia dari malaysia. Film yang berdurasi 5 sampai 15 menit tersebut ditanyangkan untuk direview oleh dewan juri yang disaksikan oleh tamu undangan dan seluruh peserta lomba. Pada kesempatan tersebut, UAD menampilkan 7 produk, dengan judul : “Nostalgia Desa Blayut” dari Prodi Ilmu Komunikasi, “Bibiku istimewa” dari Prodi Ilmu Komunikasi, “Tari Topeng klasik “dari Prodi Sistem Informasi, “pembuat Batik” dari Prodi Sistem Informasi, “Kampung Dolanan “ dari Prodi Teknik Informatika, “Blankon”dari Prodi Teknik Informatika, dan “Taman Sari “dari Prodi Teknik Informatika

Dari 19 video yang direview oleh dewan juri, maka dinyatakan bahwa hasil karya “Kampung Dolanan produksi Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan, Muhamamad Al Mahdi dari FTI Program Studi Teknik Informatika mendapat nilai terbaik.

Menurut penilaian Nurul Azmin, kompetisi dari sisi grafis dan runtutan cerita sangat jelas. Untuk itu, karya Muhammad Al Mahdi dinyatakan sebagai juara 1. Untuk Juara kedua diraih oleh University Utara Malaysia dengan judul “Salah Sangka”, sedangkan juara tiga diraih oleh Riyanto, dkk dengan judul “Tarian Topeng Klasik” dari Prodi Sistem Informasi UAD.

“Hasil dari semua karya mahasiswa untuk kategori short movie tersebut akan ditayangkan di TV Online dengan alamat www.tvonemedia.com dan dapat diakses dari berbagai dunia” terang Nurul Azmin.

“Semoga prestasi ini bisa memotivasi mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan yang lainnya, untuk meraih prestasi di tingkat Nasional maupun Internasional” harap Sri Winiarti, S.T., M.Cs. Ketua Program Studi Teknik Informatika

Untuk lomba Kategori TV Award, ini diikuti oleh Indonesia (UAD), Malaysia (UUM), Philipina (San Antoneo) dengan jumlah 5 video. Dari Indonesia sendiri menempati posisi ketiga. kategori pertama diraih dari San Antoneo University (Philipina) dan kategori kedua diraih dari UUM ( Malaysia). (Doc)