Mahasiswa USANT Filipina Kunjungi Lab School UAD

312

Richard A. Ilarde, Jessamine B. Valeras, Regine Mae, dan April Micah (Prodi Elementary Education/PGSD), serta Almera Carmena (Prodi English Department/Pendidikan Bahasa Inggris) mahasiswa University of Saint Anthony (USANT), Filipina, akan magang di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta. Lima mahasiswa, satu dosen, dan satu kepala sekolah Montessori tersebut diterima langsung oleh Dekan FKIP UAD Dr. Trikinasih Handayani, M. Si. di Grand Sargede, Jum’at (15/01/2016).

“Kurang lebih satu bulan mereka magang di UAD. Mahasiswa Filipina akan disebar di beberapa fakultas antara lain Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD,” terang Dholina, Humas FKIP UAD.

Irfan Yunianto, M.Sc. selaku ketua panitia kegiatan akademik delegasi USANT di FKIP UAD menyampaikan bahwa delegasi mahasiswa USANT Filipina akan belajar tentang Program Pengalaman Lapangan (PPL) di beberapa Lab School UAD. Antara lain SD Muhammadiyah Condong Catur, SD Muhammadiyah Macanan, SD Muhammadiyah Kadisoka, dan SMP Muhammadiyah 2 Depok. Mereka akan belajar cara mengelola kelas sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan aktif dan menyenangkan melalui berbagai kegiatan observasi, lesson plan, dan teaching practice.

Mereka juga akan belajar tentang budaya Indonesia melalui Workshop Traditional Music (angklung, kulintang, dan tari) di Laboratorium Musik Kampus 5 FKIP UAD. Sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap lingkungan, delegasi USANT juga akan menanam pohon pada kegiatan Tree Planting yang difasilitasi oleh Prodi Pendidikan Biologi dengan Sekolah Adiwiyata SMP Muhammadiyah 2 Depok, Yogyakarta.

Kegiatan eksplorasi sains juga difasilitasi oleh Prodi Pendidikan Fisika melalui Eksperimen Roket Air dan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. Selain itu, pada Sabtu (16/01) lalu telah diselenggarakan diskusi ilmiah dengan pembicara Francia T. Bufee (Principal, USANT Montessori Grade School). Bufee membagi ilmu terkait “Montessori Teaching and Education” kepada dosen PG PAUD dan PGSD FKIP UAD.

Sebelumnya, Bufee juga sempat mengunjungi TK ABA Nuraini untuk melihat profil sekolah, sistem kurikulum dan pengajarannya, kultur sekolah, serta cara mengelola kelas yang baik. Kegiatan mahasiswa USANT merupakan wujud nyata implementasi kerja sama dan eksistensi FKIP UAD dalam menebar ilmu pendidikan di kancah dunia Internasional.