Memahami Komunikasi

0
65

Persepsi sebagian besar orang mengatakan bahwa ilmu komunikasi adalah ilmu yang mudah dipelajari, tetapi pada kenyataannya tidak. Banyak orang yang belum paham cara berkomunikasi yang baik.

Reggy Wulan Apriansyah salah satu mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memberikan gambaran mengenai dunia komunikasi, berikut hasil wawancaranya.

Apa yang Anda ketahui tentang ilmu komunikasi ?

Yang saya tahu di dalam ilmu komunikasi banyak hal-hal yang dipelajari terkait dengan cara kita berbicara yang baik dengan orang, berbicara yang efektif, dan cara kita menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi karena miss komunikasi. Sebab ketika di dalam organisasi, kepanitiaan, dan apa pun, banyak terjadi miss komunikasi.

Mengapa ilmu komunikasi penting dipelajari di bangku kuliah?

Karena tidak semua mahasiswa memiliki skill komunikasi yang baik dan efektif. Komunikasi yang baik adalah ketika komunikator menyampaikan pesannya kepada komunikan dan mendapatkan feedback yang baik.

Sejauh mana ilmu komunikasi dibutuhkan di dunia kerja?

Semua perusahaan, pemerintah, lembaga apa pun itu pasti membutuhkan anak-anak yang memang paham dan pandai untuk mempraktikkan komunikasi. Banyak orang yang bisa berkomunikasi, tetapi tidak efektif. Oleh sebab itu ilmu komunikasi memang penting di suatu perusahaan untuk memecahkan masalah.

Persepsi sebagian besar orang mengatakan bahwa ilmu komunikasi adalah ilmu yang mudah dipelajari, bagaimana pendapat Anda terkait hal ini?

Memang banyak sekali pendapat yang mengatakan seperti itu, bahwa setiap harinya kita dapat berkomunikasi. Tetapi, tidak cukup dengan cara berkomunikasi dan cara menyelesaikan masalah. Di ilmu komunikasi, kita mempelajari cara memecahkan masalah, berkomunikasi yang baik di semua kalangan, dan teknik-teknik berkomunikasi. Memang benar banyak orang yang bisa berkomunikasi tetapi tidak dengan praktiknya atau materi yang dipelajari. Pada intinya, ilmu komunikasi bergerak di berbagai bidang dan banyak hal yang didapatkan saat belajar ilmu komunikasi.

Di dalam prospek kerja dunia komunikasi, tidak hanya lulusan Ilmu Komunikasi saja, lalu seperti apa peran di sana?

Peran lulusan Ilmu Komunikasi di sana yaitu bagaimana dia menjual dirinya, dalam artian kita menjual potensi kita. Perusahaan tidak mungkin menerima ketika kita tidak memiliki keahlian apa pun. (dta)