Mengembangkan Creative Digital Entrepreneur di Era Milenial

0
85

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (BEM UAD) bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi berkolaborasi dengan Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa serta anggota BEM U yang lainnya, selengarakan workshop entrepreneurship pada Ahad (31-3-2019). Acara menarik ini bertempat di lantai 4 ruang auditorium kampus II UAD Jl. Pramuka 42, Sidikan, Yogyakarta.

Workshop merujuk pada mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk peserta sehingga dapat menjadi seorang desain freelancer dan entrepreneur muda di era milenial. Jumlah peserta sebanyak 228 dari 264 pendaftar yang berasal dari mahasiswa UAD, mahasiswa DIY, maupun umum.

Kegiatan diisi oleh pemateri dari Medan yaitu Rio Purba yang merupakan seorang freelance designer, youtuber, serta wirausahawan muda yang cukup sukses dalam bidangnya.

Hadir juga dalam acara tersebut Wakil Rektor III UAD Dr. Abdul Fadil, M.T., Dr. Dedi Pramono, M.Hum., dan Danang Sukantar, M.Pd. dari Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) yang menyambut baik acara ini sekaligus memberi sambutan serta apresiasi. Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa BEM juga ikut serta menghadiri acara yang mengambil tema “Mengembangkan Creative Digital Entrepreneur di Era Milenial” tersebut.

Abdul Fadil mengatakan, “Melalui workshop ini diharapkan dapat meningkatkan mahasiswa untuk menjadi entrepreneurship yang kreatif, inovatif, dan pandai mencari peluang di era baru ini. Dan semoga di kesempatan ini peserta mendapatkan ilmu bermanfaat yang disampaikan oleh Rio Purba sehingga dapat mengembangkan potensi diri.”

Sementara itu, Yeyen sebagai ketua panitia mengungkapkan, “Kami sangat berterima kasih kepada peserta workshop yang sudah mendaftar dari berbagai universitas. Semoga workshop ini dapat bermanfaat,”

Dalam penyelenggaraan workshop, panitia memberikan kejutan yang di-setting, yakni memberitahukan bahwa Rio Purba, kecil kemungkinan untuk hadir di tengah-tengah acara karena sedang meeting dadakan dengan kliennya. Hal tersebut membuat peserta kecewa. Panitia mengganti pemateri hari itu. Tanpa diketahui peserta, seorang laki-laki berpakaian layaknya panitia memberikan imbauan ke panggung dan langsung mengambil mikrofon. Sontak peserta terkejut karena orang itu adalah Rio Purba.

Peserta semakin antusias setelah Rio Purba memberikan ilmu. “Sebagus-bagusnya desain pasti ada yang tidak suka, sejelek-jeleknya desain pasti ada yang suka. Jangan pernah takut untuk berkarya,” ucapnya.

Teater Jaringan Anak Bahasa (JAB) UAD membuat suasana ruangan menjadi lebih berbeda dengan hiburan yang diberikan. Kemudian, acara ditutup dengan foto bersama Rio Purba. Workshop ini terselenggara berkat sponsor Aliz Production, Kedai Garasi, Humas UAD, Warunk Nostalgila, dan Eriyan Foods Tante Weng.