Menulis Cerita Perjalanan dengan Sudut Pandang yang Tidak Biasa

0
120

Minggu (12-5-2019), kolaborasi antara Program Studi Sastra Indonesia dengan Sastra Inggris Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menghasilkan sebuah acara menarik, yakni Workshop Penulisan Kisah Perjalanan atau story telling. Acara ini mengundang narasumber profesional yakni Hannif Andy Al Anshori, seorang bloger, travel writer, dan kontributor NatGeo.

Acara yang berlangsung di kampus II UAD, Jln. Pramuka 42, Umbulharjo, Yogyakarta ini, dihadiri oleh mahasiswa yang mengambil matakuliah Menulis Kreatif. Mereka dibekali cara praktis dalam menulis kisah perjalanan.

Dalam pembekalan ini, mahasiswa dilatih caranya bisa mencari ide dan menulis cerita-cerita perjalanan dari sudut pandang menarik, tidak hanya dari sudut pandang yang cuma dilihat sepintas saja. Misalnya cerita sejarah perjuangan yang menganut nilai-nilai dan berbau lokal dan lain-lain,” kata Intan Rawit Sapanti, M.A. selaku Kepala Program Studi Sastra Indonesia saat diwawancara.

Dari keterangan Intan, pelatihan ini akan berlangsung dua kali, hari pertama di Minggu ini, dan hari kedua di Minggu depan. Ia juga berharap, dengan mengundang praktisi yang ahli dalam bidangnya itu, mahasiswa bisa terbuka wawasannya dan mendapatkan pengalaman dari pelatihan ini. (ASE)