Menulis dengan Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif

0
49
Drs. H. Heri Puerwoto sedang memaparkan materinya dalam acara pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh BEM FTI di kampus 4 UAD, pada Minggu (14/10/2018).

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dalam (UAD) telah sukses menggelar pelatihan jurnalistik dengan mengusung tema “Writing for Young Generation with Are Creative Innovative and Competitive”, Minggu (14/10/2018) di kampus 4 UAD. Ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh BEM FTI setiap tahunnya. Hadir sebagai pemateri dalam acara ini yakni Drs. H. Heri Puerwoto (CEO jogjapaper.net) dan Fitri Merawati, S.Pd., M.A. (penulis buku).

Tujuan diadakan acara ini untuk melahirkan generasi muda, khususnya yang bergerak di bidang jurnalis atau pers, menjadi terampil dan mengembangkan dirinya di berbagai media massa,” ungkap ketua panitia, Andika Rizky Ardianto.

Heri Puerwoto mengatakan, ada tiga unsur kewartawanan yang terdiri atas pengumpulan fakta, pengolahan fakta, dan penyiaran. “Unsur kewartawanan ini digunakan untuk straight news, features, dan opini.”

Jawaban narasumber merupakan fakta yang diperoleh di lapangan sehingga menjadi dasar untuk menyusun straight news, feature, dan opini.

Features adalah ide-ide fakta dan peristiwa tentang kehidupan seseorang. Ciri-ciri features adalah orisinil, deskriptif, kreatif, inovatif, ringan, dan awet. Features memiliki kelebihan yakni masih bisa dibaca kapan saja. Sedangkan dalam esai atau artikel ilmiah populer, penulis boleh memasukkan opininya,” tambahnya.

Heri berharap, “Mudah-mudahan saya di sini bisa berbagai ilmu dan pengalaman yang nantinya kalian semua dapat ambil ilmu atau mengadopsi ilmunya, sehingga bisa digunakan bukan untuk mencari pekerjaan tetapi membuka lapangan pekerjaan baru.” (dta)