Pagelaran Seni dan Budaya Indonesia

0
63

Kamis (25-4-2019), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan pentas seni dan budaya atau yang dikenal Art Fest. Acara yang mengusung tema “Indonesia Berbudaya melalui Seni dalam Ragam Nusantara” ini, menyajikan penampilan kolaborasi antara komunitas seni dan budaya yang ada di UAD, serta kolaborasi antara mahasiswa asing yang membawakan tarian dari Indonesia. Hebatnya, acara yang terselenggara di Monumen Serangan Umum 1 Maret, 0 Km Malioboro tersebut, diantusiasi penuh oleh mahasiswa UAD dan pengunjung Malioboro, tak terkecuali Dr. Abdul Fadlil, M.T., selaku Wakil Rektor III UAD.

Ia mengungkapkan dalam sambutannya, acara ini sangat diharapkan bisa meningkatkan apresiasi dan semangat mahasiswa untuk melestarikan budaya Indonesia. Apalagi potensi mahasiswa UAD sudah mencukupi. Terbukti karena mahasiswa yang berasal dari Sabang sampai Merauke, sehingga menjadi modal untuk mengadakan interaksi budaya.

Kita bangsa Indonesia terkenal karena keragaman budaya. Tentunya, kita harus melestarikan budaya, salah satunya dengan mengadakan acara seperti ini. Kita juga saling merawat dan mengembangkan rasa asah dan asuh terhadap budaya kita. Lalu, kita juga bisa berinteraksi dengan budaya dari bangsa-bangsa asing,” ungkapnya.

Art Fest membuktikan, bangsa Indonesia bersatu tidak bisa terpecah belah meskipun berbeda seni dan budaya. Sebab, Indonesia tidak lahir dari satu suku, tetapi dari ribuan suku. Selain itu, acara ini juga memberikan wadah bagi mahasiswa UAD yang berminat di bidang seni dan budaya.

Semoga dengan acara seperti ini, mahasiswa bisa mengasah bakat kebudayaan dan keseniannya melalui pertunjukan dan persembahannya. Dengan kegiatan ini pula, semoga BEM U bisa mencari regenerasi atau kader kepengurusan selanjutnya, guna melestarikan kegiatan mahasiswa di UAD,” imbuhnya. (ASE)