Pelatihan Business Plan bersama Andromeda Sindoro

0
55
Sesi foto bersama panitia dan pemateri dalam acara Pelatihan Business Plan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri pada 30/9/2018.

 

Minggu (30/9/2018), Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kegiatan Pelatihan Business Plan dengan tema “Increase the Spirit of Entrepreneurship in The Milenial Era”. Bertempat di aula kampus 3 UAD, kegiatan ini diperuntukkan mahasiswa UAD.

Hadir sebagai pemateri dalam acara ini yakni Andromeda Sindoro Soekarno, S.Pt. (Pemilik Sweet Sundae Ice Cream).

Menurut saya, business plan ialah bagaimana kita menceritakan tentang bisnis kita dan peluang bagi investor, untuk menarik mereka agar berinvestasi,” ujarnya

Investor adalah seorang pengusaha besar, penggelar lomba, franchisee, distributor, calon akuisitor, dan lain-lain. Di sini, kita akan belajar mengenai business model canvas.

Ada sembilan langkah untuk membuat business model canvas, yakni terdiri atas customer segmen, value proposition, channels, customer relationship, revenue stream, kek activities, kek resource, key partnership, dan cost structure. Setelah semua langkah tadi dibuat, langkah selanjutnya yaitu menganalisis dan validasi model bisnis,” tambahnya.

Andro mengajari peserta untuk membuat business model canvas ini dan dipraktikkan langsung oleh setiap kelompok. Ia juga meminta perwakilan setiap tim yang terdiri satu orang untuk bertukar dengan kelompok lain agar berdiskusi mengenai bisnis yang akan dilakukan, serta memberi masukan.

Agar brand tidak membosankan dan disukai, yaitu dengan melakukan inovasi. Pada intinya kunci business plan kita dilihat oleh investor apabila ringkasan eksekutif, analisis sumber daya manusia (SDM), dan analisis break even point dibuat menarik,” lanjutnya.

Riky Pratama selaku ketua panitia mengatakan, pelatihan ini bertujuan agar mahasiswa UAD lebih mengenal bisnis, tahu untuk membuat proposal bisnis, dan meningkatkan jiwa kewirausahaan. (dta)