Pelatihan Desain Grafis sebagai Dakwah Zaman Now

0
142

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Program Studi Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)—atau biasa disebut IMM BPP, melaksanakan pelatihan desain grafis Corel Draw X7 pada 21 April 2019. Tema yang diangkat pada pelatihan ini adalah “Urgensi Media Digital sebagai Dakwah Zaman Now”, dan bertempat di kampus V UAD. Hadir sebagai pemateri adalah demisoner IMM BPP, Bagus Julian Hikmy, mahasiswa UAD angkatan 2015.

Latar belakang acara tersebut di antaranya karena banyaknya keperluan desain di kampus, peminat mahasiswa yang cukup banyak tetapi hanya segelintir mahasiswa UAD yang bisa mendesain, serta terbatasnya kegiatan yang menunjang mahasiswa di bidang desain.

“Kehidupan era digital tidak lepas dari media sosial yang bebas mengutarakan pendapat melalui status, story, bahkan dalam bentuk gambar. Tetapi, banyak konten di media sosial yang salah digunakan dan berisi hal yang mengundang perdebatan, bahkan tidak jarang sampai ke ranah hukum. Muncul pertanyaan mengapa media sosial tidak diisi dengan kebaikan melalui media gambar dengan desain menarik? Banyak orang punya ide bagus, tetapi tidak menarik dalam penyampaiannya sehingga perlu kemampuan untuk mendesain,” ujar Bayu, ketua panitia kegiatan.

Pelatihan diikuti 20 peserta, dan dilakukan tiga tahap yakni pengenalan aplikasi desain dan teknik dasar, peserta mempraktikkan materi yang didapat, dan lomba desain antarpeserta. Desain dari peserta diharapkan berisi tentang ajakan untuk kebaikan, dakwah, dan hal-hal berguna lain yang bisa disampaikan melalui media sosial.

Tanggapan dari mahasiswa sangat antusias mengingat acara ini melatih kreativitas juga menyalurkan minat di bidang desain. Semoga mereka bisa menyuarakan kebaikan melalui desain yang bagus. Selain itu, peserta juga bisa berbagi ide, teknik desain, dan informasi lomba desain,” tutupnya. (JM)