Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Pendidikan Matematika

0
97

Sabtu (27-7-2019) bertempat di kampus IV Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika (PMat) mengadakan pelatihan karya tulis ilmiah dengan tema “Pentingnya Literasi Digital bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah”. Nila Mareta Murdiyani, S.Pd., M.Sc. diundang sebagai narasumber dalam acara ini.

“Kami mengadakan acara pelatihan karya tulis ilmiah karena ingin memberi pemahaman tentang karya tulis ilmiah dan seluk-beluknya kepada mahasiswa PMat. Kami memilih tema yang berkaitan dengan literasi digital sebab saat ini kita sudah memasuki era revolusi industri 4.0. Kami menyiapkan guru yang bisa dan melek teknologi untuk pendidikan Indonesia di masa mendatang,” ujar Sukaji selaku ketua HMPS PMat.

Nila Mareta Murdiyani menyampaikan tujuan penulisan karya ilmiah yaitu untuk membuktikan hipotesis, mengembangkan produk, mengevaluasi tindakan, mengatasi permasalahan, mengetahui hubungan antarvariabel, menyebarluaskan informasi, memengaruhi pembaca, menghasilkan teori baru, dan melaporkan kegiatan.

“Ketika mengikuti lomba karya tulis ilmiah, mayoritas mahasiswa PMat menggarap tema tentang pengembangan materi pendidikan. Harapannya setelah diadakan pelatihan karya tulis ilmiah, mahasiswa yang menulis karya tulis ilmiah semakin meningkat. Karya tulis ilmiah juga sejalan dengan perkuliahan, misalnya nanti ada tugas penelitian atau mengerjakan skripsi. Semoga tahun ini banyak mahasiswa PMat yang berpartisipasi dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional karena hal itu berpengaruh pada akreditasi program studi,” tutup Nila. (JM)