Peluncuran Antologi Buku Mahasiswa Asing

0
88


Buku Kisah 365 Hari di Indonesia yang ditulis oleh mahasiswa asing yang tergabung dalam kelompok Darmasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD), sukses diluncurkan. Peluncuran tersebut bersamaan dengan acara Internasional Day and Culture Festival, yang berlangsung di kampus 4 UAD Jln. Lingkar Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Sabtu (8-12-2018).

Buku ini sudah direncanakan sejak awal tahun 2017, yang bertujuan untuk memperdalam kemampuan mahasiswa asing dalam menulis menggunkan bahasa Indonesia. Selain itu juga untuk memperdalam pemahaman sekaligus mengenalkan dunia literasi yang ada di Indonesia.

Project ini pertama kali kami mulai di tahun 2017, tepatnya saat mereka (Darmasiswa) masih semester ganjil. Baru pada semester genap, project menulis ini kami jadikan antologi buku,” kata Intan Rawit Sapanti, S.Pd., M.A., dosen Program Studi Sastra Indonesia UAD sekaligus ketua dalam penerbitan antologi buku ini saat diwawancara Minggu (9-12-2018).

Buku ini bergenre personal literatur. Semua isi di dalam buku ini menceritakan pengalaman-pengalaman dan kisah nyata mahasiswa asing. Isinya pengalaman kocak, sedih, bahkan mengharukan serta cerita tentang perjalanan dan kesan-kesan mereka terhadap Yogyakarta dan Indonesia.

Intan menjelaskan, isi dalam buku Kisah 365 Hari di Indonesia sengaja ditulis tentang perjalan penulis. Sebab, mereka berstatus mahasiswa asing yang mendapatkan beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia hanya satu tahun. Untuk mengabadikan pengalamannya, mahasiswa asing diminta menulis pengalaman-pengalaman mereka selama ada di Indonesia.

Tidak ada kendala yang begitu berarti saat proses editing, karena sebelumnya sudah dicicil dari awal. Mahasiswa mengumpulkan tulisannya setiap minggu saat mata kuliah Penulisan Kreatif,” sambung Intan.

Dalam perluncuran tersebut, Dr. Abdul Fadlil, M.T. selaku Wakil Rektor III merespons,Saya sangat mengapresiasi dengan buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan motivasi, bukan hanya untuk mahasiswa asing tetapi juga seluruh mahasiswa UAD.”

Ada sembilan penulis dalam buku ini yaitu Wulan, Vivian, Linda, Adham, Arwa, Momen, Susi, Paulina, dan Ainun. (ASE)