Pembukaan Sharqon Festival FAI

0
76

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menyelenggarakan Sharqun Festival, dengan mengusung tema “Implementasi Pendidikan Berbasis Keterampilan untuk Membangun Jiwa yang Berkarakter”. Pembukaan acara ini berlangsung di kampus 4 UAD Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Kamis (27/9/2018).

Dr. Abdul Fadlil, M.T., selaku Wakil Rektor III menabuh gong sebagai tanda pembukaan Sharqun Festival. Rangkaian perlombaan dibagi menjadi dua jenis yaitu lomba eksternal FAI seperti tartil, tilawah, tahfidz, kaligrafi, pidato tiga bahasa, debat, dan esai, serta lomba internal FAI seperti badminton, futsal, malik, dan malika.

Dari keseluruhan perlombaan ini, panitia jangan hanya mengambil juara satu sampai tiga. Namun, juga mencari peserta terbaik dan terunik. Sehingga mahasiswa juga berkesempatan memperoleh hadiah dan sertifikat untuk mengisi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) nantinya,” jelas Abdul Fadlil.

Fadlil berharap, semoga dalam rangkaian lomba festival ini, bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa UAD. Ini merupakan salah satu langkah nyata untuk membantu mengeluarkan kreativitas mahasiswa UAD yang terpendam.

Kegiatan jangan jadikan ajang perlombaan saja, tetapi jadikan ajang silaturahmi antarmahasiswa UAD. Semoga ke depannya, ajang perlombaan ini bisa sampai ke tingkat nasional, tidak hanya se-UAD saja,” ungkapnya.

Setelah pembukaan festival, diteruskan seminar nasional yang mengusung tama “Perkembangan Sejarah Islam di Indonesia dari Masa ke Masa”. Seminar ini mengundang pembicara yang ahli, yaitu Ustadz Muhammad Jazir ASP selaku Ketua Dewan Pembina Masjid Jogokariyan, Penasihat Sri Sultan HB X, dan tim ahli pusat studi Pancasila UGM. (ASE)