Pendidikan Matematika Adakan Explore Your Talk Skills and Be a Good Speaker

166

Berkembangnya zaman membutuhkan kemampuan komunikasi atau public speaking yang mumpuni. Banyak perusahaan yang menjaring calon pegawai dengan menilai kemampuan berkomunikasinya. Makanya, kemampuan public speaking ini dirasa sangat penting. Hal itulah yang melatarbelakangi diadakannya pelatihan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan tema “Explore Your Talk Skills and Be a Good Speaker”.

Berlangsung pada 17 November 2019 bertempat di Kampus Utama UAD, Sakti Fajar A., S.IP., M.Si. bertindak sebagai pembicara dalam pelatihan tersebut. Tema dipilih karena menyesuaikan dengan kenyataan bahwa kebanyakan mahasiswa tidak menyadari kemampuan komunikasinya. Berbicara dengan teman sendiri bisa dikatakan melakukan komunikasi, tetapi saat diminta tampil di depan kelas, mahasiswa masih malu dan grogi. Mahasiswa harus mengasah kemampuannya agar lebih baik dalam berkomunikasi.

Pemateri juga menyampaikan materi tips dan trik dalam komunikasi. Misalnya mengolah suara agar saat berbicara tidak gampang serak, cara mengatasi kendala berbicara yang tidak runtut, cadel, membawa logat daerah ataupun intonasi yang tidak tepat, dan lain sebagainya.

“Sebanyak 145 mahasiswa UAD mengikuti pelatihan. Dosen Pendidikan Matematika sangat mendukung acara ini karena sangat tepat bagi mahasiswa. Apalagi nanti akan menjadi seorang guru. Kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan guru dalam menguasai kelas. Harapan dari terselenggaranya acara ini adalah peserta menjadi pembicara yang baik,” ungkap Nur Rahma Udiarti Lestari selaku sie acara. (JM)