Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas

0
100

Sabtu (13-April-2019) pukul 18.30 WIB, bertempat di lantai 9 ruangan persiapan 2 kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Satu Jam Ngobrol Bencana (Sajana) dilaksanakan oleh Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana (PSMPB) UAD bersama Dahlan’s Rescue Community (DRC), suatu komunitas relawan bencana di lingkup universitas. PSMPB UAD di bawah naungan LPPM UAD sebagai center of study memang selalu menyelenggarakan kegiatan kajian-kajian kebencanaan. Latar belakang acara ini karena keprihatinan terhadap bencana yang akhir-akhir ini sering terjadi di Indonesia. Sajana bertujuan membangun kesiapsiagaan dan kesadaran bencana agar bisa meningkatkan kapasitas warga kampus dan masyarakat dalam usaha pengurangan risiko bencana.

Menurut Dholina Inang Pambudi, M.Pd. selaku ketua PSMPB UAD, acara Sajana dikemas santai namun bermakna berisi materi seputar kebencanaan. Sajana kali ini disampaikan oleh Budi Santosa yang merupakan ketua Divisi Pengurangan Risiko Bencana dan Kesiapsiagaan MDMC PP Muhammadiyah. Acara tersebut digelar secara rutin dua bulan sekali dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya.

Dipilihnya tema “Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas” karena untuk memberi wawasan dan pemahaman bahwa kita semua bisa menjadi agen perubahan untuk membantu mensosialisasikan pengurangan risiko bencana di lingkungan atau komunitas terdekat. Hal ini sejalan dengan Tri Dharma perguruan tinggi salah satunya bisa berperan dalam program pengabdian masyarakat untuk mewujudkan komunitas tangguh bencana.

Harapan ke depan, semoga Sajana bisa menjadi ajang diskusi dan belajar sehingga akan semakin terbangun kesadaran bencana di kalangan sivitas akademika UAD khususnya, dan masyarakat pada umumnya. (JM)