Ramadan di Kampus bersama Zona Dua

0
37

Kegiatan Ramadan di Kampus atau yang biasa disingkat dengan RDK sudah berlangsung sejak 6 Mei 2019 lalu. Bahkan pada tahun sebelumnya, juga telah berlangsung kegiatan ini. Rangkaian acaranya dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara, kalam Ilahi, penyampaian materi ceramah, buka bersama, dan tarawih.

“Kali ini saya diamanahi menjadi pembawa acara, perwakilan dari Kreativitas Kita (Kreskit) untuk menjadi panitia di acara RDK. Awal-awal yang hadir sedikit. Namun, menjelang buka semakin banyak,” ujar Wildan Ghufon Pimpinan Umum Kreskit, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) angkatan 2017, Sabtu (11-5-2019).

Laki-laki yang juga dikenal sebagai komika asal Batang ini mengaku belum pernah pulang ke rumah selama Ramadan tahun ini. Kali kedua menikmati Ramadan di perantauan tanpa orang tua, memunculkan banyak perasaan. Namun, ia tak terlalu sedih karena dapat berbuka bersama teman-teman dari berbagai program studi di kampus. Mereka adalah keluarga baru di perantauan yang menutupi rasa sedih karena jauh dari orang tua.

Wildan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menjadi bagian kepanitiaan RDK bersama Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK) serta Fakultas Hukum (FH). Lokasi mereka di zona dua, yakni di masjid kampus II UAD Jln. Pramuka. Setiap hari, sudah ada jadwal dan tugas panitia. Tak hanya mengisi acara, panitia juga mempersiapkan menu berbuka yang disajikan untuk orang yang sudah mengambil kupon berbuka di masjid tersebut.

“Kegiatan RDK berlangsung selama Ramadan, dari 6 Mei sampai 26 Mei 2019. Panitia yang berpartisipasi adalah aktivis yang berada di kampus II. Tema kali ini yaitu berbagi dan menginspirasi. Kami berbagi takjil dan menu berbuka untuk peserta yang datang ke lokasi untuk berbuka. Kami juga mencoba mencontohkan kesabaran dalam melayani mereka,” jelas Muhammad Wian Arifana selaku ketua panitia saat ditemui di serambi masjid kampus II UAD.

Menurut mahasiswa asal Bima ini, makna Ramadan adalah sebagai tempat untuk beramal. Suatu bulan yang diberikan Tuhan untuk memperbaiki diri. Perbedaan hari Ramadan dengan hari lain yaitu lebih istimewa.

“Alhamdulillah saya senang mengikuti RDK, karena menambah teman dan pengalaman baru. Melalui kegiatan ini saya dan teman-teman panitia bisa belajar lebih amanah dan tanggung jawab dalam melayani peserta berbuka di kampus. Semoga teman-teman di bulan puasa ini, puasanya tidak bolong dan semangat mengerjakan amalan-amalan yang baik.” (Dew)