Resep Membuat Black Forest Mocaf Kukus Singkong dari UAD

0
187

Resep membuat “Black Forest Mocaf Kukus” ala Siti Salamah ini disampaikan dalam pelatihan pengolahan makanan berbahan mocaf untuk tiga pedukuhan yaitu Pocung, Tenggang, dan Ngelo. Pada kesempatan tersebut hadar Wakil Bupati Gunung Kidul Drs H. Immawan Wahyudi, M. H., Hum, Kepala Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (LPM UAD) Drs. H. Jabrohim, M, M., koordinator KKN Drs. H. Sudarmini, dan aparat desa setempat. Kamis (17/7/2014) di Balai Desa Kemadang

Berikut bahan yang digunakan untuk membuat black forest mocaf kukus. Di antaranya 4 butir telur, setengah sendok tek ovalet, 200 gram gula pasir, 75 gram tepung mocaf, 25 gram coklat bubuk, setengah gelaqs susu cair, seperempat minyak sayur, setengah sendok garam halus.

Caranya adalah telur, ovalet dan gula pasir dicampur dan dikocok sampai mengembang sambil ditambahkan garam. Kemudian sambil diaduk dimasukkan berama tepung mocaf, coklat bubuk dan tepung tegiru yang sudah diayak sedikit demi sedikit hingga rata. Terakhir masukkan minyak sayur dan diaduk-aduk sampai rata. Tuangkan ke dalam Loyang ukuran 18 x 7 cm yang telah diolesi mentega dan dialasi kertas roti lalu dikukus selama 20 menit.

Bahan yang digunakan cukup mudah didapatkan dan tentu saja menggunakan tepung mocaf yang bahan dasarnya dari singkong. Dengan dibuat menjadi tepung mocaf singkong bisa menjadi tahan lebih lama hingga satu tahun. Ini bisa sebagai usaha untuk mengatasi jika suatu ketika berhadapan dengan musim sulit pangan atau paceklik sehingga tepung mocaf ini bisa dijadikan salah satu alternatif ketahanan pangan di Gunung Kidul.

Selain resep bahan pembuatan black forest mocaf kukus. Juga disampaikan olahan pembuatan kue basah putu ayu, brownis kukus, donat mocaf.

Pelatihan tersebut tidak hanya pengolahan singkong menjadi tepung mocaf. Tapi juga pelatihan pengolahan makanan berbahan mocaf, pengemasan dan pemasaran produk olahan mocaf.(Doc/Sbwh)