Seminar Nasional bersama Dr. Arifi Saiman, M.A.

0
316
Dr. Arifi Saiman, M.A. pada saat memaparkan materinya dalam acara seminar nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa dan Sastra Arab, pada Senin (8/10/2018).

Rangkaian acara Pembukaan Arabic World Festival, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa dan Sastra Arab Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar seminar nasional di Gedung Serbaguna lantai 10 kampus 4 UAD, Senin (8/10/2018). Seminar ini mengambil tema “Reposisi Diplomasi Indonesia untuk Timur Tengah Pasca the Arab Spring untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Hadir sebagai keynote speaker dalam seminar tersebut Kepala Pusat Pangkalan Kawasan Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Dr. Arifi Saiman, M.A.

Arifi mengungkapkan, Arab Spring pertama kali terjadi di Tunisia pada Desember 2010. Arab Spring yaitu sebuah gerakan prodemokrasi yang tujuannya untuk menegakkan demokrasi.

Gelombang protes yang diawali dari Tunisia ini kemudian menjalar ke Mesir, Libya, Yaman, Bahrain, dan yang saat ini tengah bergejolak adalah Suriah,” tuturnya.

Arifi menambahkan, bila digambarkan, visi Indonesia pada tahun 1945 yaitu kemajuan di bidang teknologi, pengembangan yang berkemajuan, pemerataan dan berskala nasional, serta pemerintah yang baik.

Sumbangan yang dilakukan Indonesia pasca Arab Spring yaitu dengan cara mendobrak dan mendukung demokrasi yang berasaskan nilai-nilai moral di Tunisia, sebab di sana awal mula terjadinya Arab Spring. (dta)