Skripsi Segera Kelar dengan Pelatihan Berikut

0
27

 

Senin (43-2019), perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan pelatihan untuk mahasiswa. Zulfa Erlin Muflihah selaku petugas yang membantu kegiatan literasi di kampus III UAD menyebutkan ada tiga pelatihan yang disedikan bagi mahasiswa, yakni pelatihan mendeley (manajer referensi), academy writing, dan penelusuran database online. Pelatihan ini dilaksanakan sampai April di kampus II, III, dan IV UAD.

Ide pelatihan berasal dari kepala perpustakaan yaitu Drs. Tedy Setiadi, M., dan kawan-kawan. Sebelum pelatihan ini, Zulfa menjelaskan ada pendidikan pemakai, lalu dikembangkan menjadi literasi informasi. Pada literasi informasi, mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) dikerahkan. Tetapi, lama-kelamaan materinya hanya seperti itu saja. Kemudian petugas perpustakaan mencoba mengembangkan materi, yakni berupa penelusuran database online, academy writing, dan mendeley yang dibutuhkan oleh mahasiswa.

Ketiga pelatihan tersebut mempunyai materi yang berbeda. Pada penelusuran database online, peserta akan diberi materi seperti penelusuran katalog perpustakaan yang mencari tahu isi atau koleksi dari perpustakaan. Pelatihan juga memberikan link-link dan sumber referensi baik nasional maupun internasional. Peserta cukup membawa laptop dan membayar lima ribu rupiah untuk cetak sertifikat.

Pada pelatihan academy writing ada penambahan materi, seiring dengan kebutuhan mahasiswa yang berkembang. Pada manajemen referensi, petugas membantu dalam hal mengelola koleksi dalam bentuk pdf dan memberikan pengetahuan pada mahasiswa tentang cara sitasi dengan aplikasi mendeley.

Dalam pelatihan academy writing, peserta akan diajarkan tentang mengatur layout, font, pengaturan kertas untuk makalah dan tugas akhir (TA). Jadi, TA yang akan diunggah sesuai dengan digilib perpustakaan UAD. Acap kali ukuran skripsi kebanyakan mahasiswa tidak full teks, tetapi per file. Jadi mereka diajari membuat TA dari sampul, halaman pengesahan, nomor romawi yang berbeda-beda supaya sama, letak halaman yang berbeda-beda akan disamakan. Cara penulisan sitasi juga diajarkan dalam academy writing, kemudian penulisan daftar isi secara otomatis, daftar tabel secara otomatis, cara penyimpanan per file melalui pdf, dan daftar gambar secara otomatis juga diajarkan.

Sasaran utama pelatihan ini yaitu mahasiswa angkatan atas yang sedang merampungkan TA. Namun, petugas juga membuka peluang bagi mahasiswa umum. Sejauh ini, ada juga mahasiswa semester 2 juga ikut dan itu dibolehkan. Pelatihan dalam satu hari menampung 50 peserta, yang terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang.

InsyAllah jika ruang literasi kampus IV sudah berjalan, ditambah lagi ruangannya. Jadi sehari bisa dua tempat pelatihan. Ruang literasi segera berjalan dan literasi kampus IV UAD segera mobile,ujar Zulfa saat ditemui di ruang literasi kampus III UAD.

Harapan kami selaku peneyelenggara, pelatihan ini bagi mahasiswa bermanfaat untuk metode penelitian mereka, supaya skripsinya segera kelar,kata Zulfa penuh harap.

Tahapan pelatihan tersebut cukup mudah, seperti pembelajaran di kelas. Ada satu mentor, peserta hanya mengikuti dan mengunduh aplikasi mendeley, dan diterapkan di laptop masing-masing. Kesulitan hanya terletak pada sistemnya saja, karena membutuhkan wifi dan suport mendeley pada laptop mahasiswa.

Tujuan utama pelatihan ini yaitu membantu mengunggah TA mahasiswa, membantu penelusuran yang baik, dan pencarian database online yang terpercaya. Karena sekarang banyak yang abal-abal. Jadi, harus cermat dan hati-hati,pungkasnya. (Dew)