Tes Kecerdasan untuk Anak Dosen dan Karyawan UAD

0
84

Pertama kalinya, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam rangkaian kegiatan Milad ke-58 menyelenggarakan tes kecerdasan untuk anak dosen dan karyawan UAD. Acara ini merupakan kontribusi untuk dosen dan karyawan yang telah mengabdikan dirinya di UAD.

Acara gratis ini digawangi oleh mahasiswa dan dosen Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dibantu mahasiswa Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK). Pengetes diambil dari mahasiswa sarjana dan pascasarjana Program Studi Psikologi, yang pastinya mereka sudah ahli dalam bidang ini.

Untuk mengetahui kecerdasan anak, kami mengetes kecerdasannya seperti meminta mengerjakan tugas, kemudian hasilnya disetor dan nanti bisa dilihat hasilnya,” jelas Alfi Purnamasari, S.Psi, M.Si., psikolog sekaligus salah satu panitia.

Dengan kegiatan tes kecerdasan ini, pastinya orang tua yang mengikutsertakan anaknya bisa mengetahui notifikasi anak. Sehingga ketika mengarahkan ataupun mungkin memberikan tuntutan belajar, bisa menyesuaikan dengan kemampuan anak.

Tes ini pun tidak sembarangan, anak-anak dibagi menjadi tiga kategori usia yaitu usia 5−9 tahun, 9−12 tahun, sampai usia12 tahun ke atas. Antara anak yang usianya berbeda, jenis dan acara pengetesannya pun berbeda. Sebab cara tes kecerdasan yang baik harus disesuaikan dengan karakteristik usia anak itu sendiri.

Ini merupakan tes untuk mengetahui kemampuan anak. Jadi, kami mengelompokkan hasil tes kemampuan dan kecerdasannya dengan kategori di bawah rata-rata, di tengah rata-rata, sampai superior,” imbuhnya. (ASE)