Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia Terapresiasi Baik­

0
363
Seminar Nasional, Pelantikan, dan Rapat Kerja Daerah ABKIN di kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Minggu (28/01/2018) dihadiri hampir 500 orang. Mengusung tema “Tantangan dan Peluang Bimbingan dan Konseling dalam Pusaran Disrupsi Sosial dan Budaya.

 

Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) adalah organisasi profesi di Indonesia yang beranggotakan guru bimbingan dan konseling atau konselor. Awalnya, organisasi ini bernama Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia (IPBI) yang didirikan pada 17 Desember 1975. AKBIN Daerah dan Cabang se-Daerah Istimewa Yogyakarta, belum lama ini menyelenggarakan acara Seminar Nasional, Pelantikan, dan Rapat Kerja Daerah di kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), yakni pada Minggu (28/01/2018).

Acara tersebut diapresasi baik oleh Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD.

“Saya sangat senang dengan adanya AKBIN ini, karena merupakan bentuk sinergi antara Perguruan Tinggi dengan sekolah. Harapannya, dapat terjalin komunikasi dan sosialisasi antara kurikulum di sekolah maupun di perguruan tinggi. Selama ini yang kita lihat, banyak terjadi kesenjangan antara kurikulum di Perguruan Tinggi dan SMA. Semoga dengan adanya AKBIN, kesenjangan itu dapat diminimalisir,” jelas Dr. Suparman, M.Si, DEA. dalam sambutannya.

Apresiasi baik juga dapat dilihat dari jumlah peserta yang hadir hampir 500 orang. Mengusung tema “Tantangan dan Peluang Bimbingan dan Konseling dalam Pusaran Disrupsi Sosial dan Budaya”, acara tersebut menghadirkan pembicara Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons., selaku Ketua PB ABKIN dan Fathur Rahman, S.Pd., M.Si., selaku Ketua PD ABKIN DIY. (nda)