Bimbingan Teknis PPG Angkatan V 2019

0
93

 

Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pembelajaran daring PPG dalam jabatan angkatan V, 3 Juli 2019, bertempat di gedung fakultas kedokteran. Bimtek diikuti 77 orang, materi disampaikan oleh Febrianto Amri Ristadi dari Universitas Negeri Yogyakarta.

“Alur PPG dalam Jabatan 2019 meliputi seleksi akademik dan administrasi. Lalu, pendalaman materi model hybrid learning dengan SPADA dan ID-REN berbobot 10 Satuan Kredit Semester (SKS), per RPP berbobot 3 SKS dengan durasi 3 bulan. Kemudian, lokakarya dan peer-teaching berbobot 3 SKS selama 3 minggu serta program pengalaman lapangan di sekolah dengan bobot 6 SKS dalam waktu 3 minggu. Terakhir yaitu uji kompetensi mahasiswa PPG,” paparnya.

Kegiatan PPG yaitu pendalaman materi pendidikan dan profesi, materi bidang studi dengan menerapkan prinsip TPACK, pengembangan perangkat pembelajaran secara mandiri, lokakarya dan diskusi hasil pendalaman materi melalui pembelajaran daring, lokakarya dan pengembangan perangkat pembelajaran dan peer-teaching, lokakarya penyusunan perencanaan penelitian tindak kelas, serta praktik pengalaman lapangan.

“Poin-poin penilaian pendalaman materi daring mencakup dua tahap. Tahap pertama yaitu keaktifan, poin yang dinilai adalah login session, mempelajari materi (durasi), dan content completion. Tahap kedua yaitu nilai-nilai, ada nilai partisipasi dalam forum diskusi (4×4%), tes formatif (4×6 %), tes sumatif (24%), dan tugas akhir (36%),” jelasnya. (JM)