Biskom UAD Studi Banding di Jakarta (Binus, IDC Indonesia) dan Bandung (Telkom)

0
187

studi-banding-biskom-uad-binus-IDC-telkomSelasa (13/09/2011), Biro Sistem Informasi dan Komunikasi (BISKOM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, mengadakan studi banding ke Jakarta dan Bandung. Perjalanan yang dilaksanakan selama 4 hari (terhitung tanggal 13 – 16 September 2011) ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dalam pengelolaan sistem informasi dan komunikasi di daerah Jakarta dan Bandung.

Kunjungan ke Jakarta (14 September 2011) di Universitas Bina Nusantara (BINUS University), Jl. K. H. Syahdan No. 9, Kemanggisan/Palmerah, Jakarta Barat, bertujuan untuk menggali informasi tentang pengelolaan infrastruktur dan layanan IT yang dilakukan oleh universitas tersebut.

“Kami mencoba untuk mencari informasi sebanyak mungkin guna perkembangan BISKOM. Kami ingin mengetahui pengelolaan infrastruktur dan layanan IT yang dilakukan oleh universitas tersebut. Selain itu, kami juga mencari informasi tentang implementasi IT Governance serta strategi yang dilakukan BINUS dalam mengembangkan aplikasi sistem informasi dan penerapan sistem mutu universitas mereka.” papar Tawar, S.Si., M.Kom, kepala BISKOM yang sekaligus koordinator Perjalanan Studi Banding.

Ada beberapa metode dan sistem yang cocok yang digunakan BINUS dalam menerapkan dan mengaplikasikan sistemnya. Seperti tidak membatasi laman website di kampus mereka.

“Pembelajaran yang kami terapkan memang beresiko. Kami sengaja tidak membatasi atau memblokir website apa pun. Termasuk jejaring sosial seperti facebook, twitter, bahkan laman-laman situs lainnya. Pada awalnya kekhawatiran akan kenakalan remaja selalu membayangi kami. Tapi, kalau kami menutup akses itu, berarti kami tidak dewasa sebagai pendidik. Kami berkeyakinan, kami adalah pendidik, bukan pengajar. Semua bisa diarahkan dengan edukasi-edukasi yang positif. Lalu kamu melakukan diskusi melalui seminar dan workshop. Ketakutan itupun hilang dengan sendirinya. Sekarang prestasilah yang justru kami tuai, bukan kekerdilan berfikir para mahasiswa. Itu semua karena kami mencoba untuk tidak menuduh mahasiswa dengan pikiran-pikiran yang negatif.” papar Edi Mulyono, SJ, salah satu staf yang menyambut kedatangan rombongan.

“Dengan menutup dan mebatasi laman, itu bukanlah pendidikan yang sehat. Karena secara psikologis, manusia (remaja khususnya) akan mereasa tertantang untuk menembus aturan-aturan yang membebani mereka. Justru itu adalah masalah besar untuk keberlangsungan pendidikan.” Tambahnya.

Selain kru Biskom, studi banding juga diikuti oleh perwakilan dari Biro Adminisi Akademik (BAA), Badan Penjaminan Mutu (BPM), dan Bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

Setelah melakukan kunjungan ke BINUS, rombongan langsung menuju ke Cyber Building di Jl. Kuningan Barat, No. 8, Jakarta. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengetahui sistem perancangan data center yang berada di sana. Dari Cyber Building, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bandung. Di Bandung, (16/09/2011), rombongan menuju gedung Telkom, SM General Support, Telkom Learning Center, Jl. Gegerkalong Hilir, No. 47, Bandung. Dalam kunjungan kali ini, para rombongan menggali informasi tentang pengembangan kompetensi SDM IT di Telkom. Selain itu, kunjungan yang disambut langsung oleh staf khusus PT TELKOM Bandung ini berhasil mendapatkan informasi tentang tata kelola data center dan portal TELKOM, serta sistem Helpdesk TELKOM Bandung untuk pengembangan di BISKOM UAD, Yogyakarta. Setelah kunjungan selesai, rombongan pun langsung bertolak pulang ke Yogyakarta dan tiba pada jumat subuh. (IHS)

studi-banding-biskom-uad-binus-IDC-telkomSelasa (13/09/2011), Biro Sistem Informasi dan Komunikasi (BISKOM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, mengadakan studi banding ke Jakarta dan Bandung. Perjalanan yang dilaksanakan selama 4 hari (terhitung tanggal 13 – 16 September 2011) ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dalam pengelolaan sistem informasi dan komunikasi di daerah Jakarta dan Bandung.

Kunjungan ke Jakarta (14 September 2011) di Universitas Bina Nusantara (BINUS University), Jl. K. H. Syahdan No. 9, Kemanggisan/Palmerah, Jakarta Barat, bertujuan untuk menggali informasi tentang pengelolaan infrastruktur dan layanan IT yang dilakukan oleh universitas tersebut.

“Kami mencoba untuk mencari informasi sebanyak mungkin guna perkembangan BISKOM. Kami ingin mengetahui pengelolaan infrastruktur dan layanan IT yang dilakukan oleh universitas tersebut. Selain itu, kami juga mencari informasi tentang implementasi IT Governance serta strategi yang dilakukan BINUS dalam mengembangkan aplikasi sistem informasi dan penerapan sistem mutu universitas mereka.” papar Tawar, S.Si., M.Kom, kepala BISKOM yang sekaligus koordinator Perjalanan Studi Banding.

Ada beberapa metode dan sistem yang cocok yang digunakan BINUS dalam menerapkan dan mengaplikasikan sistemnya. Seperti tidak membatasi laman website di kampus mereka.

“Pembelajaran yang kami terapkan memang beresiko. Kami sengaja tidak membatasi atau memblokir website apa pun. Termasuk jejaring sosial seperti facebook, twitter, bahkan laman-laman situs lainnya. Pada awalnya kekhawatiran akan kenakalan remaja selalu membayangi kami. Tapi, kalau kami menutup akses itu, berarti kami tidak dewasa sebagai pendidik. Kami berkeyakinan, kami adalah pendidik, bukan pengajar. Semua bisa diarahkan dengan edukasi-edukasi yang positif. Lalu kamu melakukan diskusi melalui seminar dan workshop. Ketakutan itupun hilang dengan sendirinya. Sekarang prestasilah yang justru kami tuai, bukan kekerdilan berfikir para mahasiswa. Itu semua karena kami mencoba untuk tidak menuduh mahasiswa dengan pikiran-pikiran yang negatif.” papar Edi Mulyono, SJ, salah satu staf yang menyambut kedatangan rombongan.

“Dengan menutup dan mebatasi laman, itu bukanlah pendidikan yang sehat. Karena secara psikologis, manusia (remaja khususnya) akan mereasa tertantang untuk menembus aturan-aturan yang membebani mereka. Justru itu adalah masalah besar untuk keberlangsungan pendidikan.” Tambahnya.

Selain kru Biskom, studi banding juga diikuti oleh perwakilan dari Biro Adminisi Akademik (BAA), Badan Penjaminan Mutu (BPM), dan Bidang Sumber Daya Manusia (SDM).

Setelah melakukan kunjungan ke BINUS, rombongan langsung menuju ke Cyber Building di Jl. Kuningan Barat, No. 8, Jakarta. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengetahui sistem perancangan data center yang berada di sana. Dari Cyber Building, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bandung. Di Bandung, (16/09/2011), rombongan menuju gedung Telkom, SM General Support, Telkom Learning Center, Jl. Gegerkalong Hilir, No. 47, Bandung. Dalam kunjungan kali ini, para rombongan menggali informasi tentang pengembangan kompetensi SDM IT di Telkom. Selain itu, kunjungan yang disambut langsung oleh staf khusus PT TELKOM Bandung ini berhasil mendapatkan informasi tentang tata kelola data center dan portal TELKOM, serta sistem Helpdesk TELKOM Bandung untuk pengembangan di BISKOM UAD, Yogyakarta. Setelah kunjungan selesai, rombongan pun langsung bertolak pulang ke Yogyakarta dan tiba pada jumat subuh. (IHS)