BK UAD Raih Juara 3 Olimpiade Nasional

0
105

Program Studi Bimbingan dan Konseling (Prodi BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) meraih juara 3 dalam Olimpiade Bimbingan dan Konseling Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang bekerja sama dengan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. Acara yang berlangsung sejak (26−27/11) tersebut diikuti oleh 74 mahasiswa dari 32 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia.

Prodi BK mengirimkan 8 mahasiswanya, yaitu Astri Komaladewi, Sitti Ummi Novirizka Hasan, Anisa Mawarni, Rahmat Pamuji, Isfi Iswari Nilakandi, Abdan Syakoro Suganti, Iman Rohiman, dan Ulvi Windiardani. Mereka dibimbing langsung oleh Caraka Putra Bahkti dan Ariadi Nugra.

“Delapan mahasiswa yang dipilih tidak hanya mempunyai IPK tinggi, tetapi mempunyai wawasan yang luas dan aktif di organisasi. Sebelum lomba, tim langsung menyusun strategi dan penguatan dalam teknik konseling selama kurang lebih dua minggu,” kata Ariadi.

Olimpiade BK Nasional kali ini dibagi menjadi 2 bagian. Pertama tes tertulis tentang wawasan BK, dilanjutkan dengan tes teknik konseling dalam menangani sebuah kasus.

“Setelah melalui babak penyisihan, Astri Komaladewi berhasil masuk ke semifinal dan mahasiswa yang lain masuk 13 besar mengalahkan puluhan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya,” terang Ariadi.

Dody Hartanto, S.Pd., M.Pd. selaku Kaprodi BK, saat melepas rombongan di Laboratorium BK kampus II berpesan, “Bukan piala ataupun meraih juara, tetapi lebih pada bagaimana membuktikan kepada dunia bahwa kalian adalah kebanggaan dan mempunyai rasa bangga sebagai konselor, cost we are a fighter. Jadi, berjuanglah sampai kalian berkata, ‘tidak ada yang lagi aku takuti dan kuharapkan kecuali ridho Allah dan kebanggaan orangtua serta almamater’.”

Selain untuk berkompetisi antar-perguruan tinggi, acara ini juga merupakan ajang silahturahmi antara Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia (IMABKIN) sebelum Rakernas di Universitas Tadulako Palu pada (5−11/12) mendatang. Acara tersebut turut dihadiri oleh perwakilan mahasiswa UNP, UPI, USD, UNY, UHAMKA, UNJ, dan perguruan tinggi lainnya.(Doc)