Boyong 3 Tropi: Tim Robot UAD Pertahankan Tradisi Juara

0
254

Adalah Tim RDC_ Panzer Fira M_20, Panzer _2ART dan RDC_Panzer_Buki yang membawa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) raih juara dan mengukuhkan tradisi juara.

Menurut data yang diberikan Dekan Fakultas Tehnologi Industri (FTI) Kartika Firdausy, S.T., M.T bahwa, Tim RDC_ Panzer Fira M_20 raih juara 1 kategori Mikrokontroller, Tim Panzer _2ART raih Juara 2 kategori Mikrokontroller dan RDC_Panzer_Buki kategori Speed Racer raih Juara 1 pada kejuaraan Line Tracer Design and Contest (LTDC).

LTDC merupakan kompetisi Robot Line Follower yang diadakan oleh  Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Awalnya, LTDC yang pertama kali diadakan pada tahun 2010 ini hanya diselenggarakan di lingkup kota Malang. Namun pada 2014, kontes dengan tema “Kompetisi Robot Berbudaya Indonesia” tersebut diikuti oleh seluruh tanah air. Harapannya, Indonesia tetap dapat maju dalam bidang teknologi, khususnya robotika tanpa meninggalkan aspek budaya bangsa.

LTDC 2014 sangat populer bagi kalangan siswa maupun mahasiswa. Terbukti terdapat 170 kontestan  dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi. Mereka adalah 48 tim kategori mikrokontroler, 22 tim kategori speed racer, dan 100 tim peserta dari berbagai sekolah menengah untuk kategori analog.

Ajang kontes robot berskala nasional ini digelar di Gedung Sasana Budaya, Universitas Negeri Malang (UM) pada Rabu (24/09/2014). Para kontestan saling beradu kecepatan, kelincahan, dan ketepatan dalam menaklukkan lika-liku track sepanjang satu kilometer yang sudah ditetapkan panitia. Robot-robot yang dipertandingkan ini terdiri atas tiga kategori, yaitu analog, mikrokontroler, dan speed racer. Untuk kategori speed racer, robot yang boleh dipertandingkan adalah robot mikrokontroler.

Tim robot UAD menurunkan 2 kategori untuk berlaga, yaitu mikrokontroller dan speed racer. Mereka di bawah pembinaan Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri (FTI). Tim mikrokontroller Tim Panzer_2ART  diketuai Jehian Kamal Sri Artantyo  dengan anggota Raivan Naufal dan Ibnu Atma Kusnadi. Sementara dari Tim RDC_Panzer_019  diketuai oleh Dian Taufik Hendra Nugroho dengan anggota Aan Marianto dan Ary Rachman. Tim RDC_Panzer Fira M_20  dipimpin oleh Mahmud Afif dan beranggota Ridho Kusuma Putra serta Tri Wahono. Selain itu, ada satu TIM speed racer  yakni  RDC_Panzer_Buki yang dipimpin oleh ketua tim Janu Prasetyo dengan anggota Adhi Saefudin dan Heru Hermawan. Dari tim yang diajukan tersebut, Tim Robot UAD berhasil melanjutkan tradisi berprestasi dengan memboyong tiga tropi dari event LTDC 2014. Selamat! (Doc)