BsquaD Juara 1 PUBG Piala Komunikasi se-DIY

0
95

BsquaD berhasil menyabet juara 1 Player Unknow Battleground (PUBG) Piala Komunikasi se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan tema “Passion in Action”. Lomba ini diadakan di Universitas Islam Indonesia (UII) pada 4−5 Mei 2019. Tim BsquaD beranggotakan Rijal Muhammad, Abimanyu Setyo, Lalu Muhammad Kutub, dan Ichans Zikry. Mereka adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

PUBG masuk kategori lomba e-sport atau electronic sport. PUBG merupakan permainan dengan genre battle royal, jumlah pemainnya bisa mencapai 100, dan dilakukan secara daring. Pemain bisa bermain solo, tim 2 orang, tim 4 orang, serta bisa mengundang teman untuk bergabung ke dalam permainan sebagai tim. PUBG ini ajang lomba baru, tetapi sudah ada skala nasional bahkan internasionalnya.

“Berawal dari main bareng dan ada seleksi di Program Studi Ilkom, akhirnya kami membentuk tim dan mewakili Ilkom UAD di Piala Komunikasi. Ada 8 tim perwakilan tiap kampus dan semuanya dari Program Studi Ilkom. Durasi lomba 30 menit × 3 game. Proses latihan kami kurang lebih 7 hari, dan pernah mengadakan fun match bersama player PUBG lainnya secara terbuka,” ujar Rijal, anggota tim BsquaD.

Game di Indonesia dari zaman dahulu dianggap negatif, mulai dari generasi game console, PC, dan sekarang game mobile. Game dianggap membawa pengaruh buruk karena melenakan dan membuat anak-anak malas belajar.

Di Swedia dan Finlandia, e-sport ada sekolahnya dan didukung oleh negara tersebut. Ini membuktikan kalau game tidak semuanya buruk. Salah satu cara membuktikannya adalah dengan prestasi. Jadi apa pun itu, tergantung cara menyikapi dan memanfaatkannya,” lanjut Rijal.

BsquaD telah membuktikan bahwa game membawa mereka kepada prestasi membanggakan. Bahkan, mereka akan maju ke tingkat nasional, karena tim PUBG dari UAD ini secara tidak langsung sudah mewakili Ilkom Yogyakarta ke tingkat nasional. Saat ini belum ada dukungan dari kampus, ini inisiatif mahasiswa dan himpunan mahasiswa. Mereka berharap kampus memberikan dukungan kepada siapa pun yang ingin berprestasi di bidang e-sport. (JM)