Ciptakan Nasyid Berbeda

0
137

 

Minggu (2/11), diadakan lomba Nasyid untuk SMA dan SMK Muhammadiyah se-Yogyakarta. Lomba yang bertempat di auditorium Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kampus I ini diikuti oleh 19 grup. Lisna, mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) yang merupakan sekretaris acara lomba tersebut mengatakan, “Lomba nasyid diadakan untuk memeriahkan milad UAD yang ke-54. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat mengubah cara pandang orang terhadap nasyid.”

“Selama ini nasyid dianggap musik yang kuno, namun sekarang nasyid dapat dikolaborasikan dengan beatbox misalnya. Sehingga menghasilkan musik yang lebih segar. Kriteria penjurian dalam lomba ini terdiri atas materi yang dibawakan, penampilan, dan musikalitas dari masing-masing grup,” lanjutnya saat ditemui di tengah kemeriahan acara.

Salah satu peserta yang menamai grup mereka Nisanada mengatakan, persiapan yang dilakukan cukup mepet, namun mereka tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk lomba kali ini.  

“Meskipun kami pernah menjuarai lomba Nasyid ketika Milad Fakultas Farmasi UAD, namun kali ini rasanya beda, rasanya grogi,” kata salah satu anggota Nisanada.  Grup yang terdiri atas Silma, Arika, Astria, Zulfi, dan Malika ini membawakan dua lagu. Satu lagu yang merupakan lagu wajib dan satu lagi lagu pilihan.

“Kami akan melakukan yang terbaik agar meraih juara lagi kali ini,” lanjutnya.

Lomba yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diakhiri dengan pengumuman pemenang. Juara I diraih SMA Muhamadiyah 2 Yogyakarta, juara II diraih MA Muallimat, dan juara III diraih MA Muallimat. Selamat kepada para juara! Semoga dapat membuat nasyid yang berbeda!