Dari Sekam Jadi Duit

0
243

 

Rangkaian Program hibah Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kemenristekdikti Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta selama satu bulan lebih, di akhiri dengan mengadakan Gelar Produk dan Seminar “Dari Sekam Jadi Duit” selama dua hari (15-16/08/2015) di Kantor Pemerintah Desa Sumberarum, Moyudan, Sleman. Seminar pemberdayaan masyarakat ini mendatangkan pembicara dari Dinas Perindustrian, Dagang, dan Koperasi Sleman, serta pengusaha sukses briket bioarang berkelas internasional.

Hadir juga dalam seminar dan gelar produk tersebut Wakil Rektor III UAD Dr. Abdul Fadhlil, M.T., Kepala Pusat KKN Dr. Rina Ratih, S.S. M.Hum., Dekan Fakultas Hukum Rahmat Muhajir Nugroho, S.H., M.H., dan perangkat-perangkat desa Sumberarum.

Pada Seminar dan gelar produk ini, masyarakat kelompok tani menampilkan produk superkarbon hasil kreativitas masing-masing dusun dilengkapi dengan pameran produk-produk kearifan lokal setempat. Kearifan lokal yang ditampilkan berupa kerajinan-kerajinan tangan seperti kerajinan tas rajut dari dusun Karanganjir, kerajinan kalung unik dari dusun Sejati Dukuh, kerajinan patung dari dusun Setran, dan kain tenun stagen yang dibuat oleh mayoritas ibu-ibu di desa Sumberarum.

Sesi-sesi dalam workshop tersebut meliputi pelatihan motivasi berwirausaha, pelatihan pembuatan superkarbon dari limbah jerami dan sekam, pelatihan kewirausahaan, pelatihan teknik-teknik pemasaran dan pengemasan “Superkarbon”, pelatihan praktik pencatatan administrasi keuangan (pembukuan), serta penyuluhan mengenai perintisan unit usaha baru dan sumber permodalan usaha. Pelatihan lebih lanjut diberikan oleh mahasiswa-mahasiswa KKN-PPM dalam satu bulan ini kepada kelompok tani tersebut.

Sebelumnya, tim dosen UAD yang diketuai oleh Surahma Asti Mulasari S.Si., M.Kes. dengan anggota Fatwa Tentama S.Psi., M.Si. sekaligus sebagai DPL, dan Desta Risky Kusuma, SE., M.Sc., telah melakukan berbagai bentuk program dalam pemberdayaan masyarakat di wilayah Sumberarum Moyudan Sleman.