Dari Teks Hingga Karakter: Bunga Rampai Pembelajaran Bahasa Indonesia

0
196

RESENSI BUKU

Judul Buku: Dari Teks Hingga Karakter: Bunga Rampai Pembelajaran Bahasa Indonesia

Penulis: Sudaryanto, M.Pd.

Penerbit: Samudra Biru, Yogyakarta

Cetakan: Pertama, November 2015

Tebal: viii + 110 hlm.

ISBN: 978-602-9276-75-6

 

Terbitnya buku Dari Teks Hingga Karakter: Bunga Rampai Pembelajaran Bahasa Indonesia ini sesungguhnya dilatarbelakangi oleh munculnya Kurikulum 2013 atau populer disingkat K-13. Dalam kurikulum baru tersebut, mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SD hingga SMA, mengarah ke pembelajaran berbasis teks (genre) dan berorientasi pendidikan karakter (character education). Dengan kata lain, buku ini lebih dijiwai oleh “ruh” K-13 yang menitikberatkan ke arah pembelajaran teks.

Buku ini terdiri atas 10 bab, dan tiap-tiap bab dapat dibaca secara terpisah, tidak harus berurutan dari awal hingga akhir. Bab pertama bertajuk “Matahari yang Terlupakan: Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Sekolah” (hlm. 1-9) menguraikan betapa pendidikan karakter agak terabaikan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penulis mengibaratkan pendidikan karakter seumpama matahari yang terlupakan, kendatipun kehadirannya sangat terasa bagi semua makhluk.

Dalam bab lainnya, penulis mengulas wacana “Sungguh-Sungguh Terjadi” (populer disingkat SST) sebagai salah bentuk wacana persuasif dan dikaitkan dalam pelajaran bahasa Indonesia di SMA/MA (hlm. 21). Wacana SST yang berasal dari SKH Kedaulatan Rakyat ini memiliki potensi persuasif atau memengaruhi orang lain, terutama dalam konteks bisnis. Intinya, wacana atau teks memiliki potensi yang luar biasa manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.

Akhir kata, buku Dari Teks Hingga Karakter: Bunga Rampai Pembelajaran Bahasa Indonesia ini perlu dibaca oleh dosen/guru, mahasiswa/pelajar, dan umum. Dengan bahasa yang jernih, mengalir, dan tetap ilmiah, tulisan-tulisan di buku ini memberikan perspektif yang dapat melengkapi pengetahuan para pembaca budiman. Jadi, amat disayangkan jika melewatkan buku yang satu ini. Selamat membaca! (doc)