Dekan FKIP Menyandang Gelar Doktor

0
166

Bertempat di Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (18/9/2015), Trikinasih Handayani yang merupakan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (FKIP-UAD) melaksanakan Sidang Terbuka Doktor di bidang pendidikan dengan promotor Prof. Dr. Muryadi, M.S. dan Prof. Zamroni, Ph.D. Tema yang diambil adalah pembudayaan nilai kebangsaan siswa pada pendidikan lingkungan hidup sekolah dasar adiwiyata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kegiatan yang berlangsung dengan hikmat ini dihadiri keluarga serta Rektor UAD, Wakil Rektor I, Kepala LPP, Kaprodi Pascasarjana, Guru Besar di lingkungan FKIP, Kaprodi di lingkungan FKIP, dan beberapa tamu undangan.

Perempuan yang lahir di Metro Bandar Lampung, 7 September 1959 ini memaparkan hasil penelitian disertasinya. Menurutnya, penelitian kali ini untuk mengungkap secara mendalam tentang praksis pendidikan lingkungan hidup (PLH) dan pembudayaan nilai kebangsaan kepada siswa sekolah dasar adiwiyata di DIY. Keduanya yang tercakup dalam pembelajaran PLH secara terintegrasi dan monolitik.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa sekolah yang proses pembelajarannya secara terintegrasi menggunakan pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran. Hal itu diintegrasikan pada mata pelajaran IPA, IPS, Agama, dan SBK.

Setelah berhasil menjawab pertanyaan dan mempertahankan hasil disertasinya, maka tim penguji yang terdiri atas Prof. Dr. Djoko Suryo, Prof. Dr. Siti Partini Suardiman, S.U., Prof. Dr. Muryadi, M.S., Prof Zamroni, Ph.D., Prof. Dr. Pardjono, Ph.D., dan Prof. Dr. Subardjo, S.H., M.Hum. mengukuhkan gelar doktor kepada Dr. Trikinasih Handayani, M.Si. dengan nilai sangat memuaskan. Acara diakhiri dengan ramah tamah yang berlokasi di food court  Universitas Negeri Yogyakarta.