Diskusi Umum tentang Gerhana Matahari di UAD

0
159

“Mudah-mudahan apa yang kita alami sekarang dapat menjadi ilmu dan bahan pikir untuk renungan, bahwa sebagai manusia harus selalu bersujud dan meyakini bahwa Allah Swt. adalah Maha Segalanya.”

Kalimat yang diucapkan oleh Drs. Oman Fathurrohman SW., M.Ag. sontak membuat lebih dari 300 orang yang mengikuti diskusi umum tentang gerhana matahari terdiam. Mereka baru saja melihat fenomena alam yang jarang terjadi dalam waktu dekat.

Dalam diskusi umum yang dimoderatori oleh Fauzan Muhammad, Lc., M.A., didatangkan Oman Fathurrohman sebagai pemateri yang merupakan pakar ilmu falak dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam diskusi, dipaparkan proses terjadinya gerhana dan diskusi tentang fenomena alam yang lain.

Diskusi tersebut diadakan sejak pukul 09.00-11.00 WIB setelah shalat gerhana secara berjamaah, yang merupakan serangkaian acara pengamatan gerhana matahari pada Rabu (9/3/2016).

Kawasan kampus IV Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jalan Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, telah dibanjiri masyarakat dan mahasiswa sejak pukul 05.30 WIB. Mereka datang dari berbagai daerah dan universitas untuk turut serta dalam acara pengamatan gerhana matahari yang dilaksanakan Tiger (Tim Gerhana) UAD.

Dalam pengamatan, Tiger UAD bersama para relawan dari mahasiswa program studi Pendidikan Fisika menyediakan berbagai alat untuk pengamatan. Di antaranya kacamata matahari, teleskop, kotak proyeksi lubang jarum, dan layar lebar live streaming dari Ternate yang mengalami gerhana matahari total.

“Terima kasih kepada UAD yang telah memberikan fasilitas yang memadai, sehingga kami dapat menikmati fenomena gerhana matahari dengan nyaman. Seperti tempat yang luas, alat yang disediakan juga dapat mempermudah mengamati gerhana,” kata Widayati, warga Potorono, Bantul, yang datang bersama keluarganya untuk mengamati gerhana matahari. (AKN)