Dr. Iis Wahyuningsih, M.Si., Apt. ; Menekuni Bidang Farmasetika dan Teknologi Farmasi

0
380

Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memiliki dosen yang menekuni bidang farmasetika dan teknologi farmasi. Nama dosen itu ialah Iis Wahyuningsih, M.Si., Apt. Iis, begitu sapaannya, telah berhasil meraih gelar doktor dari Program S-3 Ilmu Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia menulis disertasi berjudul “Formulasi Self-Nano Emulsifying Drug Delivery System (SNEDDS) Furosemid: Studi  Parameter Fisikokimia, Biovailabilitas, Efek Diuretik, dan Toksisitas”.

Menurut Iis, penulisan disertasi itu dilakukan di bawah bimbingan Promotor Prof. Dr. Sugiyanto, S.U., Apt. dan Kopromotor (1) Dr. Ag. Yuswanto, S.U., Apt. serta Kopromotor (2) Dr. rer. nat. Ronny Martien, M.Si. Adapun para penguji yang hadir adalah Prof. Dr. Marchaban, Apt., Prof. Dr. Lukman Hakim, Apt., Dr. R.R. Endang Lukitaningsih, M.Si., Apt., Prof. Dr. Akhmad Kharis Nugroho, M.Si., Apt., Prof. Dr. Widji Soeratri, DEA., Apt., dan Dr. Hilda Ismail, Apt.

“Alhamdulillah predikat kelulusan S-3 saya sangat memuaskan,” ujar mantan Wakil Dekan Fakultas Farmasi UAD periode 2009-2012 kepada Kabar UAD melalui WhatsApp (WA) pada 26 Oktober 2017 lalu.

Iis menambahkan, selama kuliah S-3, ia telah berhasil melakukan publikasi jurnal internasional, salah satunya ialah Indonesian Journal of Pharmacy, Vol. 28, No. 2. Berkat publikasi itu, hasil penelitiannya tentang formulasi SNEDDS Furosemid dapat diketahui oleh pakar farmasi di Indonesia dan luar negeri.

Saat ditanya harapan setelah berhasil meraih gelar doktor, Iis mantap menjawab, “Saya segera melanjutkan jenjang jabatan fungsional, dari lektor ke lektor kepala. Mohon doanya.”

Alumnus S-1 Farmasi dan Profesi Universitas Airlangga (Unair) dan S-2 Farmasi UGM ini berhasil memperoleh Beasiswa Program Pascasarjana (BPPS) dari Dikti untuk melanjutkan studi S-3 di UGM. Selain itu, Iis juga berharap agar penelitian disertasinya dapat bermanfaat bagi banyak pihak.

“Ilmu saya bertambah jika dibagikan kepada orang lain,” ujar istri Herynugroho dan ibu dari Gilland M. Mahendra serta Gavind M. Pramahita ini.

Selamat dan sukses untuk Iis, semoga ilmu dan kariernya kian cemerlang di masa depan. Insyaallah. (SDY)