Dua Prodi FKIP Baru UAD Raih Hibah dan Prestasi

0
206

Tercatat pada 2015 ini, ada 10 dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang berhasil meraih hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Sebanyak 4 proposal dinyatakan lolos berdasarkan surat Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dikti Kemendikbud Nomor: 0094/E5.1/PE/2015, tanggal 16 Januari 2015.

“Melalui program ini, Prodi PGSD Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berharap dapat berperan langsung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Gembira berkarya untuk Indonesia,” ucap Dra. Sri Tutur Martaningsih M.Pd.

Prodi PGSD memang masih tergolong masih baru, yakni dibuka tahun 2011. Namun, hal itu justru memotivasi mereka untuk terus berkarya. Terbukti, selain prestasi dosen, 10 tim mahasiswa PGSD juga berhasil meraih dana Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh Dikti tahun 2015.

Menurut Ika Maryani, M.Pd., pencapaian ini tidak lain adalah hasil kerja keras mahasiswa dan dosen pembimbing. Selain itu, Prodi selalu berupaya menjadikan PKM sebagai habit mahasiswa dalam mewujudkan iklim menulis, meneliti, berwirausaha, dan mengabdi kepada masyarakat. Ini dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah proposal PKM yang didanai oleh Dikti setiap tahunnya.

“PGSD berharap agar semangat mahasiswa semakin besar, bisa lolos ke PIMNAS dan membawa medali untuk UAD,” harap Ika selaku salah satu pembimbing PKM.

Di samping prestasi PKM dan Hibah tersebut, pada Rabu, (26/02/2015), mahasiswa PGSD juga meraih juara 3 Lomba Komik Pembelajaran IPA SD Tingkat Nasional di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Selain PGSD, Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) juga tak kalah hebatnya. Pada tahun 2013 dan 2014, terdapat 2 mahasiswanya yang aktif di pencak silat meraih juara 2 tingkat nasional.

“Kami di PG-PAUD bekerja sama dengan Australia, Dikti, dan beberapa instansi lainnya untuk menunjang kreativitas mahasiswa. Di samping itu, juga menjalin kerja sama dengan Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) untuk menyekolahkan 20 guru TK Aisyiyah yang belum menempuh S-1 dan membebaskan biaya sampai selesai,” terang Alif Mu’arifah, S.Psi., M.Si. selaku Kaprodi PG-PAUD saat ditemui Sabtu, (28/02/2015).

Saat ini, kata Alif, fasilitas yang ada di PG-PAUD adalah Lab. Tumbuh Kembang, Lab. Produksi, Lab. Praktikum, dan Lab. Konseling. Sementara itu, kegiatan yang dilakukan antara lain workshop dan pelatihan tentang dunia musik, tari, berdongeng, serta menulis cerita. “Untuk penyaluran bakat menulis mahasiswa, kami memberi ruang melalui Buletin MamaPapaADi.”