EDC Juara 3 Debat Micro Macro Competition

0
189

Economic Debate Community (EDC) meraih juara 3 debat nasional Micro Macro Competition dengan tema “Peran Pemuda dalam Membangun Perekonomian Nasional di Era Revolusi Industri 4.0 menuju Indonesia Emas 2045” di Universitas Borneo Tarakan. Anggota tim debat terdiri atas tiga mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Awalinda, Sukarjo, dan Wasiah Darojatun.

EDC mempunyai 15 anggota. Jika ada perlombaan, biasanya diadakan seleksi di dalam komunitas, dan tim yang dikirimkan adalah tim terbaik. Komunitas EDC tidak dibimbing dosen, mereka belajar debat secara autodidak.

Awalnya, kami mengumpulkan paper dan ada 48 universitas yang mengumpulkan paper. Kemudian disaring menjadi 16 universitas, UAD salah satunya. Ada universitas-universitas ternama seperti Universitas Veteran Jakarta, Airlangga, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan lain-lain. Hari pertama lomba menggunakan sistem poin, hanya 8 tim dengan poin teratas yang diambil. Saat sistem poin itu, UAD menduduki peringkat pertama. Lomba hari kedua menggunakan sistem gugur, UAD berhadapan dengan Universitas Veteran Jakarta. Alhamdulillah UAD mengalahkan Universitas Veteran Jakarta dan masuk final 4 besar, sampai akhirnya UAD meraih juara 3,” ujar Awalinda.

Awalinda menyatakan pandangannya mengenai peran pemuda menghadapi era revolusi industri 4.0. “Menurut saya, persiapan dari generasi muda ialah menguasai segala macam bentuk alat digital, karena memang perekonomian digital pendukung utamanya alat digital. Menghadapi perekonomian 4.0 kita juga bersaing dengan tenaga kerja asing sehingga pesaingnya juga sangat berat. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, skill, bahasa internasional, dan inovasi,” tutupnya. (JM)