Edubiodiversity: Herpetofauna untuk Pendidikan

0
244

Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (FKIP UAD) mengadakan kuliah umum dengan topik “Edubiodiversity: Herpetofauna untuk Pendidikan”. Acara ini berlangsung pada Sabtu (11/10)  di auditorium kampus II Jl. Pramuka 42 Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Hadir sebagai pembicara dalam acara ini Donan Satria, M.Sc., Rury Epilurrahman, dan beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Studi Herpetologi (KSH) Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM). Objek penelitian kelompok studi adalah hewan-hewan reptil. Salah satunya ular, yang menjadi tema besar dalam acara kuliah umum tersebut.

Para pemateri menyampaikan hal-hal mengenai ular. Mulai dari pengertian, macam-macam, manfaat, hingga cara-cara menangani ular yang berbisa. Di akhir sesi, dipraktikkan cara pertolongan pertama apabila terkena gigitan ular, juga cara-cara menangkap ular yang baik dan benar.

“Alasan kuliah umum kali ini membahas tentang ular adalah, yang pertama, kita melihat ular itu sering dibunuh dan diburu untuk dikonsumsi, bahkan untuk dijual. Jika hal ini terus dibiarkan, spesies ini terancam punah. Kedua, tujuan diadakannya kuliah umum ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa ular bukan makhluk yang menakutkan. Ular mempunyai sisi positif. Ular bukan semata-mata untuk dibunuh, melainkan perlu dijaga kelestariannya agar ekosistem alam menjadi seimbang,” ujar M. Joko Susilo, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Biologi.

“Kuliah umum ini merupakan bentuk kontribusi kami di tengah-tengah masyarakat, bukan kami langsung turun langsung ke masyarakat. Namun, nanti kami harapkan dari generasi muda bangsa yang hari ini ikut kuliah umum dapat memberi pemahaman tentang ular kepada masyarakat,” lanjutnya.

Di sela-sela acara, Irfan Yunianto, M.Sc. selaku ketua panitia acara yang dihadiri mahasiswa Program Studi Biologi dari semester 1, 3, maupun semester 5 ini menuturkan, “Harapan setelah diadakannya acara tersebut adalah mengenalkan keanekaragaman hayati serta meningkatkan rasa cinta kita terhadap lingkungan dan alam. (CH)