Exchange Program UNC Ke UAD

0
183

        

Setelah menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sejak Juni 2010, University of Nueva Caceres (UNC), Filipina, kembali melakukan program bersama dengan UAD.

Pada 28 Maret 2015, 4 mahasiswa UNC tiba di Yogyakarta dengan didampingi Assoc. Prof. Butch O. Saulon (Asisten Wakil Rektor UNC dan dosen Fakultas Pendidikan). Mereka adalah mahasiswa Fakultas Pendidikan UNC.

Pengiriman mahasiswa UNC ke UAD ini merupakan kegiatan balasan atas pengiriman 11 mahasiswa Pendidikan Biologi UAD ke UNC yang telah melakukan KKN Internasional di sana pada Agustus 2013 lalu.

            Selama ini, UNC bekerja sama dengan Fakultas Pendidikan dan Ilmu keguruan (FKIP) dan Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD telah menyelenggarakan beberapa program, seperti workshop pengembangan kompetensi guru; diskusi mahasiswa dengan tema perbandingan antara UAD dan UNC dalam bidang sistem pendidikan dan organisasi mahasiswa; pertukaran budaya untuk mengajari tari, musik, olahraga dan permainan tradisional; memasak makanan Filipina; berpartisipasi dalam SYMBION 2015; debat bahasa Inggris mahasiswa; pengamatan gerhana bulan; penelitian mini; serta Community Immersion Activity, yaitu menanam pohon di kampus VI UAD.

Selain itu, UAD juga mengajak delegasi dari UNC untuk mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta. Seperti Candi Borobudur, Keraton, Malioboro, dan Kotagede. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih 2 minggu.

            Pada Sabtu, (11/4/ 2015), diadakan closing ceremony untuk rangkaian program kerja sama UNC dan UAD. Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor III UAD, Dr. Abdul Fadlil, M.T., Dekan FKIP UAD, Dra. Trikinasih, M.Si., para Kepala Program Studi di FKIP, Irfan Yuniarto, M.Sc. selaku ketua panitia program, dosen dan staf, serta KUI UAD.

Dalam acara itu, mahasiswa UNC, mahasiswa Darmasiswa UAD, dan mahasiswa PGSD-PGPAUD UAD berkolaborasi menampilkan berbagai pertunjukan budaya.

            Selama ini, UNC dikenal sebagai salah satu universitas mitra UAD yang selalu aktif menyelenggarakan kegiatan kerja sama. Seperti Joint Seminar yang telah beberapa kali diselenggarakan baik di UNC maupun UAD, Joint Degree (2 mahasiswa Pendidikan Fisika UAD yang saat ini sedang belajar di UNC dalam program Joint Degree 2+2), serta KKN Internasional dan Student Exchange.