Fadil Fajeri: Juara IEPA 2019

0
175


Fadil Fajeri, mahasiswa Teknik Elektro, meraih juara 1 dan penghargaan sebagai The Most Innovative Category di bidang lingkungan dalam event Indonesia Essay Presentation Awards (IEPA) 2019. Acara ini diadakan di Baruga Angin Mamiri, BP PAUD Regional III, Makassar, tanggal 23−25 Maret 2019 dan diikuti 33 peserta.

IEPA merupakan ajang apresiasi kepada seluruh pemuda-pemudi inovatif Indonesia dalam bidang kepenulisan esai. IEPA menjadi salah satu program kerja unggulan dari Lembaga Kepemudaan BINE yang diselenggarakan untuk memberikan apresiasi bagi ide-ide inovatif pemuda yang mereka persembahkan untuk Indonesia.

IEPA 2019 mengusung tema “Inovasiku untuk Satu Abad Indonesia”. Terdapat empat bidang ilmu yang menjadi pokok pembahasan ide, yakni bidang sosial, politik, ekonomi, dan lingkungan. Melalui kegiatan diharapkan akan lahir inovasi-inovasi sebagai upaya untuk mendukung Indonesia yang lebih baik tahun 2045. Selain itu juga terciptanya ruang temu produktif bagi para inovator muda untuk menyampaikan aspirasi mereka untuk Indonesia.

Fadil merupakan putra dari pasangan Soleh dan Komariyah, kelahiran Kebumen, 24 Januari 1996. Ia memiliki hobi membaca dan menulis artikel. Selain kuliah, ia aktif berorganisasi di Dahlan Innovation Center dan Pondok Pesantren Takwinul Muballighin. Hobi dan kegiatannya selama ini banyak berpengaruh terhadap pencapaian yang telah didapat.

Proses lomba sangat panjang, mulai dari brainstorming, mencari masalah, kemudian ditulis, dan dibentuk prototype. Prosesnya kurang lebih satu semester. Saya ucapkan terima kasih kepada Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan (Bimawa UAD) yang telah membantu dana untuk akomodasi dan dosen yang telah membantu selama proses bimbingan yaitu Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D., yang banyak memberi dukungan moril,” ujarnya. (JM)