Farmasi UAD Pertahankan Akreditasi

0
134

dan Menjadi Jurusan Terbaik se-PTS Indonesia

 

Program Studi S-1 Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali memperoleh akreditasi A yang berlaku sejak 2 November 2014-1 November 2019 sesuai SK BAN-PT No.437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014. Akreditasi A ini tanpa visitasi. Dengan kata lain, nilai desk evaluation-nya sudah memenuhi kriteria tanpa harus verifikasi di lapangan.

Fakultas Farmasi (FF) UAD pertama kali dibuka tahun 1996 dengan lokasi kampus di Jl. Kapas 9, Umbulharjo, Yogyakarta, yang sekarang dikenal sebagai kampus I UAD. Jumlah mahasiswa saat itu 80 orang, sekarang total mahasiswa FF UAD tercatat 1.095 orang. Fasilitas yang tersedia di fakultas ini adalah ruang kuliah ber-AC, perpustakaan, laboratorium terpadu, sarana olah raga, dan unit kegiatan mahasiswa seperti BEM dan UKM.

Menurut Humas Fakultas Farmasi, Ichwan Ridwan Rais, S.Far., M.Sc., Apt., FF UAD terus berupaya berkembang dan siap mempertahankan kualifikasi universitas dengan jurusan Farmasi terbaik di Indonesia.

“Beberapa prestasi di semester lalu antara lain, Peringkat 3 Dosen Berprestasi dan Laboran Berprestasi Kopertis Wilayah V,  Best Speaker Health Student Fair 2015, Juara 3 Pharmacy Competition Event 2015, dan Juara 2 LKTI Bio Expo 2015,” terang Ichwan.

Beberapa hari terakhir, sebuah web atas nama Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengeluarkan rilis terbaru universitas negeri-swasta jurusan farmasi terbaik di Indonesia di situsnya. http://ban-pt-universitas.blogspot.co.id/2015/06/universitas-negeri-swasta-jurusan-farmasi-terbaik-diindonesia.html.

Kata Ichwan, di web tersebut, Farmasi UAD menempati deretan kelompok Perguruan Tinggi Swasta (PTS) jurusan farmasi terbaik dari data yang diunduh Minggu, (11/10/2015) di situs resmi tersebut. BAN-PT mendefinisikan universitas jurusan farmasi terbaik di Indonesia adalah daftar universitas negeri dan universitas swasta terbaik di Indonesia yang memiliki program jurusan farmasi S-1 peringkat A.

Informasi universitas terbaik di Indonesia jurusan farmasi diolah dari data asli BAN-PT 2015. BAN-PT merupakan lembaga yang bertugas memberi penilaian akreditasi universitas negeri dan swasta yang ada di wilayah Indonesia di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset). (doc).